Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Hidangan Lezat dan Praktis Berbahan Tahu untuk Buka Puasa

Menyajikan hidangan untuk sahur dan berbuka tak selalu harus memerlukan proses yang rumit. Cukup dengan tahu, Anda bisa mendapatkan menu praktis yang menggugah selera.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 15 April 2021  |  14:00 WIB
Tahu mapo atau mapo tofu adalah hidangan Tionghoa populer yang berasal dari provinsi Sichuan.  - tokopedia
Tahu mapo atau mapo tofu adalah hidangan Tionghoa populer yang berasal dari provinsi Sichuan. - tokopedia

Bisnis.com, JAKARTA - Menyajikan hidangan untuk sahur dan berbuka tak selalu harus memerlukan proses yang rumit. Cukup dengan tahu, Anda bisa mendapatkan menu praktis yang menggugah selera.

Tahu merupakan bahan serbaguna yang bisa dimasak dengan berbagai cara, baik itu ditumis, dibakar, atau direbus.

Tahu terbuat dari dadih kedelai. Susu kedelai kental diperas menjadi balok berwarna putih solid untuk membuat tahu. Kedelai yang sudah kering direndam dalam air, dihancurkan, lalu direbus.

Makanan murah ini sangat menyehatkan karena rendah kalori dan bebas gluten serta merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik. Selain menyehatkan, tahu juga bagus untuk mendapatkan tekstur lembut dalam berbagai hidangan seperti puding dan mousse.

Melansir Pink Villa, Kamis (15/4/2021), berikut adalah beberapa hidangan cepat dan super lezat yang dapat Anda buat dari tahu :

1. Tahu mapo

Ambil 500 gram tahu dan potong-potong. Rendam dalam air mendidih dengan sedikit garam dan sisihkan.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tambahkan 200 gram daging cincang, ½ inci jahe cincang halus, 1 sdt merica, dan 4 sdm pasta cabai. Tumis selama beberapa menit.

Kemudian tambahkan 300 ml kaldu ayam, irisan daun bawang, dan tahu. Campur 1 sdm tepung jagung dengan ½ gelas air dan tambahkan ke dalam wajan untuk mengentalkan campuran. Taburi dengan sedikit minyak cabai dan sajikan.

2. Tahu Bawang Putih Cabe ala Asia

Campur ¼ cangkir saus hoisin, 1 sdm kecap, 1 sdt gula, ½ sdt jahe parut, 2-3 siung bawang putih tumbuk, dan ¼ sdt serpihan cabai dalam mangkuk.

Ambil 300 gram tahu dan potong kasar. Lapisi potongan dengan campuran yang sudah disiapkan ini dan diamkan selama satu jam.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tambahkan potongan tahu. Goreng dangkal selama beberapa menit lalu sajikan panas-panas.

3. Sup Miso dan Tahu

Tuang 4 cangkir kaldu sayuran ke dalam panci dan didihkan. Tambahkan 500 gram tahu cincang, 1 cangkir jamur potong dadu, ½ cangkir bok choy cincang, dan 1 kepala kubis cincang kasar.

Tambahkan 1 telur kocok dan 3 sdm pasta miso. Masak selama beberapa menit dengan api sedang lalu sajikan. Taburi dengan daun bawang cincang kasa


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buka puasa Resep masakan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top