Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Minuman Buka Puasa dari Olahan Teh

Minuman teh merupakan hal yang sejak dulu telah eksis untuk hadir menjadi daftar menu berbuka. Umumnya teh disajikan hangat atau dingin, manis bahkan tawar.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 14 April 2021  |  12:04 WIB
Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan. - Healthline
Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan. - Healthline

Bisnis.com, JAKARTA -Menyajikan menu bulan puasa menjadi hal yang paling banyak ditunggu bagi mereka yang menjalankannya.

Minuman teh merupakan hal yang sejak dulu telah eksis untuk hadir menjadi daftar menu berbuka. Umumnya teh disajikan hangat atau dingin, manis bahkan tawar.

Melansir dari graziaindia, berikut adalah 5 cara menyajikan minuman teh agar tidak monoton yang bisa dijadikan opsi untuk berbuka puasa di rumah:

1. Teh Es Jeruk Nipis

Pernahkah Anda mencoba membuat es teh sendiri dengan menggunakan air kelapa? Karena air kelapa punya cita rasa manis alami, menambahkan irisan jeruk nipis segar adalah cara yang bagus untuk menyeimbangkan rasanya.
Air kelapa mengandung banyak kalium yang akan membantu tubuh untuk detoksifikasi. Teh tersebut akan membantu meluruhkan lemak setelah menyantap aneka gorengan saat berbuka.

Bahan untuk digunakan:
-2 kantong teh celup
-1 jeruk nipis diiris tipis
- 3 gelas air kelapa hangat

Cara membuat:
Siapkan wadah atau teko, masukan teh hijau dan irisan jeruk nipis. Tuang air kelapa hangat ke dalam wadah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, keluarkan kantong tehnya. Dinginkan selama 3-4 jam agar rasa benar-benar terlepas. Anda juga bisa menambahkan es setelah didinginkan selama satu jam.

2. Es Teh Lemon Basil Jahe

Minuman ini membantu memperkuat sistem kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh.

Bahan untuk digunakan:
- 2 lemon,
- ¾ cangkir daun kemangi,
-5 irisan jahe
-1 kantong teh celup
- 3 sdt madu- opsional

Cara membuat:
Potong lemon menjadi dua dan peras airnya ke dalam teko besar, atau ke dalam toples. Kemudian tambahkan potongan lemon, irisan jahe, dan kemangi ke dalam teko. Tuang air hangat ke dalam toples dan aduk dengan madu, tambahkan teh. Angkat jahe, kemangi, dan lemon setelah didinginkan. Sajikan dengan es batu.

3. Es Teh Lemon Blueberry, Mint,

Stroberi, raspberry, blackberry, blackcurrant, dan blueberry semuanya tinggi vitamin C dan serat.
1 cangkir blackberry mengandung 7,6 gram serat tersendiri.

Bahan untuk digunakan:
-2 cangkir blueberry segar
- 1 gelas jus lemon
- 3-4 daun mint segar
- 1 kantong teh celup

Cara membuat:

Masukkan setengah air pada panci dan 2 cangkir blueberry lalu panaskan dengan api sedang-tinggi. Masak selama 3 menit hingga air mendidih. Saat blueberry dimasak, haluskan semuanya dengan menggunakan saringan halus. Lalu tiriskan jus buah yang sudah dihaluskan ke dalam cangkir.

Gunakan bagian belakang sendok untuk memeras semua jus blueberry ke dalam cangkir.

Siapkan teko, campurkan jus blueberry yang sudah disaring, jus lemon dan daun mint. Aduk rata sebelum menambahkan kantong teh. Keluarkan kantong teh dan masukkan teh ke dalam lemari es selama 3-4 jam, sajikan dengan es batu.

4. Es Teh Kayu Manis Kunyit

Kunyit kaya akan kurkumin, senyawa aktif yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ia juga memiliki antioksidan, agen anti-inflamasi, dan beberapa sifat penyembuhan. Kayu manis juga dikenal untuk melindungi tubuh dari agen perusak sel, membantu melawan infeksi, mengelola diabetes.

Bahan untuk digunakan:
-1 kantong teh hijau
- ¼ sdt kayu manis bubuk
- 1/8 sdt kunyit bubuk
- 1 sdt madu - opsional
- 4 gelas air hangat

Cara membuat:
Masukkan kantong teh, kayu manis, bubuk kunyit, dan madu ke dalam stoples. Setelah itu tuangkan air hangat ke dalam toples. Diamkan selama 5 menit sebelum mengeluarkan kantong teh. Hiasi dengan tambahan kayu manis dan kunyit jika diinginkan, dan sajikan di atas es batu.

5. Es Teh Jeruk Dan Adas

Adas manis adalah bumbu eksotis yang umum di masakan India dan Cina. Konsumsi teh adas bintang setelah makan membantu pengobatan masalah pencernaan seperti kembung, gas, gangguan pencernaan, dan sembelit. Jeruk tinggi vitamin C, dan bila dikombinasikan dengan teh hijau, itu menciptakan ramuan lezat dan bergizi yang bisa Anda nikmati.

Bahan untuk digunakan:
-1 kantong teh hijau
- 1 jeruk
- 1 batang kayu manis
- 1 adas bintang

Cara membuat:
Kupas jeruk dan sisihkan. Campurkan teh celup, kayu manis, adas bintang, dan kulit jeruk ke dalam botol. Tuang air mendidih dan tunggu selama beberapa menit. Biarkan dingin selama sekitar satu jam di lemari es, kemudian angkat kantung teh dan sajikan bersama es batu. Beri perasan jus jeruk ke dalam teh, dan hiasi dengan daun mint segar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh Puasa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top