Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Paspor Vaksin, Ternyata Konsepnya Sudah ada dan Dijalankan

Salah satu vaksinasi yang menjadi kewajiban hingga saat ini adalah vaksinasi demam kuning.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 12 April 2021  |  18:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Paspor vaksin telah menjadi perdebatan bagi sejumlah pihak, namun beberapa komunitas medis menunjukkan kewajiban melampirkan bukti vaksinasi bukan konsep baru.

Dilansir dari Insider pada Senin (12/4/2021), salah satu vaksinasi yang menjadi kewajiban hingga saat ini adalah vaksinasi demam kuning.

Pelancong yang akan bepergian ke negara-negara tertentu di Afrika dan Amerika Selatan perlu mendapatkan vaksinasi demam kuning.

Selama bertahun-tahun, negara-negara tertentu di Afrika dan Amerika Selatan telah mewajibkan pengunjung untuk divaksinasi demam kuning.

Menurut CDC, demam kuning adalah penyakit virus yang ditularkan melalui nyamuk yang ada di daerah tropis dan subtropis di Afrika dan Amerika Selatan. 

Gejala-gejala yang dapat dirasakan oleh para penderitanya dari demam dan nyeri tubuh hingga penyakit hati yang parah dengan pendarahan dan kulit jaundice (penyakit kuning).

Undang-undang seputar bukti persyaratan vaksinasi diatur oleh Peraturan Kesehatan Internasional Organisasi Kesehatan Dunia , yang dibuat pada 1951 dan diubah namanya pada 1969.

Peraturan tersebut mengikat secara hukum untuk 169 negara.

Berdasarkan aturan ini, demam kuning adalah satu-satunya penyakit yang membuat negara dapat mewajibkan vaksinasi dalam bentuk kartu kuning yang dikeluarkan WHO .

Jika suatu negara sedang mengalami wabah penyakit lain, maka WHO dapat merekomendasikan suatu negara meminta pelancong untuk memberikan bukti vaksinasi. 

Saat ini, organisasi tersebut merekomendasikan agar Pakistan dan Afghanistan meminta pengunjung dewasa yang belum divaksinasi polio sejak masa kanak-kanak untuk menerima satu dosis vaksin dewasa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paspor Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top