Marina Bay, Singapura. STB telah menginisiasi berbagai kampanye untuk menghibur dan menginspirasi masyarakat Indonesia yang merindukan travelling. /stb.gov.sg
Travel

Terpukul Pandemi Covid-19, Begini Cara Singapura Pulihkan Pariwisata

Luke Andaresta
Kamis, 8 April 2021 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu sektor yang sangat terpukul akibat dampak pandemi Covid-19 adalah pariwisata. Hal tersebut karena aturan pembatasan sosial yang dilakukan oleh banyak negara di dunia.

Namun, hal itu ditangkap sebagai peluang oleh Singapore Tourism Board (STB) dengan meluncurkan program SingapoReimagine. Program ini merupakan bagian dari kisah pariwisata Singapura dalam menghidupkan kembali impian perjalanan dengan perspektif yang segar.

Melalui inisiatif ini, pariwisata Singapura menciptakan standar baru pariwisata untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang terus berkembang, serta memastikan bahwa setiap aspek pengalaman mereka tetap aman dan menyenangkan.

Area Director STB Indonesia di Jakarta Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan ada tiga fokus yang menjadi prioritas utama STB untuk mempertahankan daya tarik Singapura sebagai tujuan bisnis rekreasi terkemuka, yaitu memulihkan arus wisatawan ke Singapura, memfasilitasi transformasi industri dan bisnis, dan mempertahankan citra positif Singapura sebagai destinasi wisata pilihan.

“Kami memulai inisiatif SingapoReimagine di Indonesia pada titik penting ini saat kami mengantisipasi dan bersiap untuk pemulihan wisata leisure,” katanya pada konferensi pers virtual, Kamis (8/4/2021).

Untuk memulihkan arus wisatawan ke Singapura, STB bekerja sama dengan badan pemerintah Singapura lainnya dalam menjajaki berbagai opsi untuk pembukaan kembali perbatasan yang aman.

Connect@Singapore dengan Connect@Changi sebagai fasilitas perdana yang diluncurkan pada Februari 2021, merupakan salah satu contoh upaya Singapura dalam membuka kembali perbatasan secara terkendali dan aman.

“Inisiatif ini memungkinkan sejumlah wisatawan bisnis, resmi, dan bernilai ekonomi tinggi untuk memasuki Singapura secara terbatas dengan masa inap jangka pendek hingga 14 hari,” papar Firhan.

Dimulainya kembali sederet acara terkenal seperti Mobile Legends Bang Bang (MLBB) M2 World Championship, One Esports Dota2 Singapore Major, dan TraveRevive, merupakan bagian dari upaya untuk menyelenggarakan kembali acara MICE dan gaya hidup / olahraga secara bertahap dan aman di Singapura.

Untuk mempertahankan citra positif Singapura agar menjadi destinasi wisata yang diingat bagi para wisatawan di Indonesia, STB telah menginisiasi berbagai kampanye untuk menghibur dan menginspirasi masyarakat Indonesia yang merindukan travelling.

Sebagai bagian dari upaya, STB meluncurkan kampanye #TravelThrowback pada Juli 2020 untuk mengajak masyarakat Indonesia berbagi foto perjalanan dan kenangan mereka tentang perjalanan di negara-negara di Asia Tenggara.

STB juga memperkenalkan serial Cook with Me dengan chef selebriti Martin Praja dan Jalan-jalan Bersama Marissa dengan presenter Marissa Nasution, serta kampanye TikTok Kangen Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro