Di saat pandemi melanda, meskipun tak sesibuk sebelumnya, Cakwe Ko Atek tidak pernah sepi pembeli. /Bisnis.com-Janlika
Kuliner

Cakwe Ko Atek, Kuliner Legendaris Pasar Baru

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 8 April 2021 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bila Anda sedang berada kawasan Pasar Baru, Jakarta, sempatkan untuk mencicipi salah satu kuliner satu ini. Sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu, Cakue Ko Atek kini semakin laris manis.

Untuk menuju jajanan legendaris tersebut hanya perlu menyusuri Gang Kelinci, tepatnya di samping Bakmie Gang Kelinci.

Di gang sempit tersebut kios berukuran mini bertuliskan Cakwe dan kue bantal Ko Atek berada. Setiap pukul 07.00 Atek sudah menyiapkan adonan cakwe dan kue bantalnya di kios tersebut untuk digoreng. Disana ada seorang karyawan yang bertugas menggoreng dan sang istrinya yang menjadi kasir.

Namun, untuk mempertahankan rasa, Atek mengerjakan sendiri adonan tersebut. "Adonannya saya sendiri yang buat, belum berani nyerahin ke orang lain. Bagian yang goreng juga masih saya kontrol," katanya sambil menguleni adonan.

Cakwe Ko Atek, Kuliner Legendaris Pasar Baru

Atek juga mengatakan sejak pertamakali buka pada 1971, kiosnya sama sekali tak pernah pindah. Ia juga tidak ada rencana merombak tempat tersebut atau pindah ke tempat yang lebih besar.

Tidak ada resep istimewa agar Cakwe dan kue bantalnya tetap eksis hingga saat ini. Menurutnya semuanya harus dikerjakan dengan perasaan agar menciptakan makanan yang enak untuk orang lain.

Untuk harga satuan cakue dan kue bantal Koh Atek dibanderol Rp6.000, dan harus sabar mengantre. Meskipun kios sederhana, namun pembeli yang datang dari beragam kalangan. Mereka rela turun dari mobil untuk masuk gang sempit demi mencicipi cakwe dan kue bantal tersebut.

Di saat pandemi melanda, meskipun tak sesibuk sebelumnya, Cakwe ko Atek tidak pernah sepi pembeli. Namun ia menyarankan untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan. Sebelum Virus Covid-19 datang, kiosnya tutup pada pukul 17.00 WIB.

"Sejak pandemi kami tutup lebih cepat. Pukul 2 atau jam 3 sudah tutup sekarang. Jangan terlalu sore datangnya. Pagi lebih enak tidak terlalu ngantre, " pungkas Atek.

Cakue Ko Atek:

  • Jl. Belakang Kongsi No.31, RT.1/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
  • Jam operasional : Selasa- Minggu dari pukul 10.00- 14.00 WIB. (Senin libur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro