Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Travelling Bagi Penyandang Disabilitas

Bepergian ke tempat atau negara lain dipilih sebagai pelarian untuk besantai dari gaya hidup yang sibuk. Namun bagi penyandang disabilitas, bepergian dapat menjadi hal yang menegangkan dan kerena dapat menguji fisik maupun emosi.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 06 April 2021  |  16:31 WIB
Ilustrasi. Saat ini sudah banyak agen yang akan membantu merencanakan liburan impian Anda.  - wwwnc.cdc.gov
Ilustrasi. Saat ini sudah banyak agen yang akan membantu merencanakan liburan impian Anda. - wwwnc.cdc.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Bepergian ke tempat atau negara lain dipilih sebagai pelarian untuk besantai dari gaya hidup yang sibuk. Namun bagi penyandang disabilitas, bepergian dapat menjadi hal yang menegangkan dan kerena dapat menguji fisik maupun emosi.

Meski begitu, ada beberapa cara agar aktivitas berpergian menjadi hal yang menyenangkan dilakukan oleh para penyandang disabilitas.

Melansir dari luxurylifestylemag, Selasa (6/4/2021), selama beberapa tahun terakhir, industri perjalanan telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam memenuhi pelayanan bagi perjalanan penyandang disabilitas.

Industri travel telah menyadari kebutuhan khusus para pelancong sehingga terdorong untuk menyesuaikan layanan dan akomodasi mereka. Lalu menawarkan serangkaian aktivitas dan tur yang dapat dinikmati oleh para pelancong penyandang disabilitas.

Seperti semua pelancong, perencanaan adalah kuncinya. Berikut adalah daftar penting yang harus dilakukan agar perjalanan jadi menyenangkan :

1. Telepon Dulu

Karena banyaknya permintaan, berbagai hotel mewah di seluruh dunia sekarang menawarkan layanan istimewa akomodasi yang indah dan praktis bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Meskipun penyedia layanan diharuskan oleh undang-undang untuk menawarkan akomodasi bagi wisatawan dengan kebutuhan khusus, perlu diingat mereka juga masih memerlukan waktu untuk mempersiapkannya.

Jika Anda telah menemukan lokasi yang sempurna dan hati Anda tertuju padanya, pastikan Anda menyebutkan persyaratan khusus yang sesuai dengan kebutuhan pada saat melakukan reservasi.

Hubungi penyedia layanan hingga 48 jam sebelum kedatangan untuk memastikan bahwa pengaturan yang tepat telah dibuat. Cara ini juga dilakukan untuk pengaturan transportasi yang akan membawa Anda menuju tempat tujuan. Cara ini akan menghemat waktu dan kerumitan Anda.

2. Mobilitas Termudah

Apakah Anda memilih untuk pergi ke luar negeri atau ke daerah dekat tempat tinggal? Ke mana saja tujuannya, tentukan akan menggunakan transportasi apa untuk berpindah ke satu tempat ke tempat yang lain. Tentunya transportasi yang ramah untuk kondisi Anda.

3. Selidiki Area Tersebut

Ke mana pun Anda memilih untuk pergi, pastikan telah meneliti fasilitas kesehatan di daerah tersebut jika Anda membutuhkannya. Dalam situasi mengunjungi daerah yang tidak dikenal, selalu untuk melihat ke mana Anda bisa pergi untuk mendapatkan bantuan jika terjadi sesuatu. Tidak hanya akan membantu Anda dalam keadaan darurat, tetapi juga akan memberi Anda ketenangan pikiran, yang akan membantu menikmati waktu luang dengan lebih baik.

Pastikan untuk membawa catatan dokter dan nomor telepon, karena ini akan membantu mengkomunikasikan kondisi Anda dan obat-obatan yang jika diperlukan.

4. Gunakan Agen Perjalanan Spesialis

Saat ini sudah banyak agen yang akan membantu merencanakan liburan impian Anda. Pilihlah agen spesialis yang menyediakan layanan khusus seperti di biro iklan. Namun haru teliti mana yang dapat membantu Anda menemukan liburan terlepas dari kondisi fisik Anda.

Jika Anda masih khawatir tidak apa-apa, namun jangan biarkan hal itu membuat Anda mengisolasi diri sendiri dan melewatkan pengalaman yang luar biasa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling penyandang disabilitas
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top