Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tempat Liburan untuk si Introvert dan Ekstrovert

Setiap orang memang punya standard liburan yang berbeda, ada yang senang menjelajahi tempat terpencil, atau cukup berjalan-jalan di kota besar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 April 2021  |  11:56 WIB
Dokumentasi pendaki memadati puncak Gunung Merapi untuk melihat pesona kawah dan matahari terbit di Gunung Merapi, Boyolali, Jawa Tengah - Antara
Dokumentasi pendaki memadati puncak Gunung Merapi untuk melihat pesona kawah dan matahari terbit di Gunung Merapi, Boyolali, Jawa Tengah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kamu lebih suka liburan ke gunung atau pantai? Pilihan ini bisa menunjukkan apakah Anda seorang yang introvert atau ekstrovert.

Setiap orang memang punya standard liburan yang berbeda, ada yang senang menjelajahi tempat terpencil, atau cukup berjalan-jalan di kota besar.

Ada pula yang gemar berpindah-pindah pusat perbelanjaan, ada pula yang menghemat uang saku dan memilih untuk memuaskan diri dengan pengalaman baru di tempat asing.

Namun sudah lama ada anggapan bahwa pantai dan gunung yang memberikan nuansa berbeda cenderung disukai dua tipe orang yang berbeda. Betulkah anggapan itu?

Psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta menjelaskan, dalam psikologi ada istilahnya "person environment fit", yakni bagaimana individu memilih lingkungannya untuk memenuhi harapan dan keinginannya.

"Orang pencinta gunung umumnya lebih introvert dibandingkan orang pencinta laut," kata Samanta dikutip dari Antara.

Mengapa orang yang lebih introvert cenderung menyukai gunung?

Sebab, perjalanan ke gunung biasanya melibatkan lebih sedikit orang dalam grup. Bahkan, ada trek khusus untuk pelancong solo di beberapa gunung di luar negeri. Ketika berlibur di gunung, individu ini sedang ingin terhubung lagi dengan alam dan dengan dirinya serta ingin mendapatkan ketenangan.

"Dibutuhkan extra kerja keras selama pendakian dan ini dapat meningkatkan keyakinan diri akan kemampuan dirinya, 'saya bisa selesai dalam pendakian ini'."

Sementara itu, orang-orang ekstrovert yang suka keramaian dan senang berinteraksi dengan banyak orang cenderung lebih menyukai laut atau pantai.

"Mereka pergi ke pantai untuk menjalin sosialisasi yang santai dan relax dengan orang lain, sesama grup yg pergi. Dalam menikmati momen berlibur di pantai sifatnya sangat santai dan tidak dibutuhkan banyak usaha, benar-benar untuk fun atau menyenangkan diri," tutup dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan Kepribadian

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top