Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips dan Aturan Berkunjung ke Perpustakaan Nasional di Masa Pandemi

Mulai 9 Februari, Perpunas aktif melakukan pelayanan kembali secara bertahap dengan membatasi jumlah kunjungan, yaitu 1.000 orang saja dalam satu hari.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 05 April 2021  |  13:34 WIB
Perpustakaan nasional -
Perpustakaan nasional -

Bisnis.com, JAKARTA--Meskipun sempat ditutup sepanjang bulan Januari hingga awal Februari lalu karena Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB), kini Perpustakaan Nasional (perpusnas) bisa di kunjungi kembali.

Mulai 9 Februari, Perpunas aktif melakukan pelayanan kembali secara bertahap dengan membatasi jumlah kunjungan, yaitu 1.000 orang saja dalam satu hari.

Melalui Twitter pribadinya (@perpusnas1), gudang ilmu tersebut mengumumkan menambah jumlah kouta kunjungan sebanyak 2.000 orang dalam sehari. Masih sama seperti sebelumnya, pengunjung wajib mempunyai kartu anggota untuk masuk.

Namun pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu pada situs https://kunjungan.perpusnas.go.id. Jika sudah registrasi, pengunjung akan terdaftar sebagai kuota kunjungan hari tersebut. Namun jika situs memberi informasi kuota sudah penuh, maka pengunjung tidak bisa menikmati pelayanan di hari tersebut.

Waktu yang tepat untuk mendaftar adalah jam 05.00 WIB pada hari kunjungan yang diinginkan, tepatnya sebelum jam operasional pelayanan buka.

Bangunan 24 lantai tersebut juga memperkuat penerapan protokol kesehatan dengan memasang ruang disinfektan spray di pintu masuk. Setiap pengunjung yang melewati pintu akan di semprot cairan pembasmi virus secara otomatis. Pada setiap sudut juga disediakan banyak tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Kini di bagian beranda gedung Graha Literasi, bangunan klasik yang menjadi gerbang Perpunas akan ada
beberapa pustakawan yang bertugas. Mereka yang akan mengecek nomor antrian para anggota, apakah sudah terdaftar untuk berkunjung di hari tersebut. Apabila bila belum punya nomor antrian atau belum mendaftar pada situs, mereka akan meminta pengunjung untuk datang kembali esok hari.

Tidak perlu khawatir, semua fasilitas dari tiap lantai tetap beroperasi dan pengunjung bebas memilih beragam koleksi buku dari lantai mana saja. Ada jutaan buku bahasa Indonesia dan bahasa asing seperti Inggris, Prancis, Mandarin dan Arab yang menanti untuk di baca.

Di masa pandemi ini jam operasional, Perpunas akan melayani dari Senin-Jumat pada pukul 08.00- 16.00 WIB.

Pengunjung juga diwajibkan mematuhi melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Perpustakaan Nasional Indonesia :
Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11, Jakarta Pusat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perpustakaan perpustakaan nasional ri
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top