Ilustrasi Kimchi / yonhap
Kuliner

Gampang Banget! Ini Resep dan Cara bikin Kimchi Mentimun Khas Korsel

Newswire
Sabtu, 3 April 2021 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demam Korean Wave yang melanda dunia saat ini tidak hanya terkait musik K-Pop dan film drama Korea Selatan atau Drakor.

Tingginya popularitas budaya Korea Selatan juga merambah ke bidang kuliner. Salah satu makanan yang paling populer saat ini adalah Kimchi. Kimchi jadi salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang sebelumnya digarami dan diberi bumbu pedas.

Di Korsel umumnya bumbu kimchi terdiri dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, jahe dan bubuk cabai merah.

Terdapat ratusan resep jenis kimchi yang tersebar di seluruh dataran Korsel sejak ratusan tahun silam. Bahkan, ada yang mengatakan setiap keluarga memiliki resep kimchi yang berbeda-dengan dengan ciri khas tersendiri.

Anda gemar menyantap kuliner asal Negeri Ginseng? Berikut ini resep dari Korean Bapsang cara membuat kimchi mentimun seperti dilansir dari Tempo.co:

Bahan yang diperlukan
Tiga mentimun Korea, jika tidak ada bisa menggantinya dengan mentimun Kirby, Persia, Jepang, atau Inggris. Pilihlah mentimun yang keras dan ramping.
2 sampai 3 Ons daun bawang putih.
¼ bawang bombai ukuran sedang.

Bahan untuk Membuat Bumbu Kimchi 
2 hingga 3 sendok makan serpihan cabai merah Korea (Gochugaru).
1 sendok makan udang asin.
1 sendok makan kecap ikan.
2 sendok teh bawang putih cincang.
½ sendok teh jahe parut.
1 sendok makan gula pasir.
1 sendok teh biji wijen sangrai.

Cara Pembuatan
1. Potong mentimun menjadi potongan sepanjang 1-1/2 inci memanjang, dan jangan kupas kulitnya. Taburkan garam secara merata pada seluruh permukaan mentimun, lalu diamkan selama 30 menit.
2. Tiriskan mentimun yang sudah didiamkan selama 30 menit, tapi jangan mencucinya.
Potong daun bawang sepanjang 1-1/2 inci. Lalu iris tipis bawang bombai.
Masukkan semua bahan yang telah dipersiapkan (sepihan cabai, udang asin, kecap ikan, bawang putih cincang, jahe parut, gula dan biji wijen) ke dalam wadah, aduk sampai rata, lalu masukkan irisan bawang bombai, potongan daun bawang dan mentimun. Aduk sampai semua mentimun terlapisi bumbu dengan baik.
3. Lalu masukkan kimchi dalam wadah tertutup dan simpan dalam suhu ruangan hingga semalaman guna memperlancar proses fermentasi.

Nah, itulah tahapan dalam membuat kimchi mentimun ala Korea Selatan, mudahkan. Anda bisa mengisi waktu di masa pandemi Covid-19 dengan coba membuatnya di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro