Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Otentisitas Sensasi Rasa yang Menggugah Selera di Cakalang Rica

Saat ini mulai banyak restoran yang menyajikan aneka menu khas dari wilayah di ujung Sulawesi Utara itu. Salah satunya Restoran Cakalang Rica milik perempuan asal Manado, Virginia Windy Kaligis.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 April 2021  |  13:27 WIB
Menu hampers Restoran Cakalang Rica.  - Restoran Cakalang Rica
Menu hampers Restoran Cakalang Rica. - Restoran Cakalang Rica

Bisnis.com, JAKARTA - Masakan manado yang bercita rasa pedas dan kaya bumbu kini menjadi salah satu pilihan makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini mulai banyak restoran yang menyajikan aneka menu khas dari wilayah di ujung Sulawesi Utara itu. Salah satunya Restoran Cakalang Rica milik perempuan asal Manado, Virginia Windy Kaligis.

Sejak setahun pertama memulai usaha, Virginia Windy lebih fokus berjualan secara online, dimulai dengan produk Sambal Cakalang Fufu yang merupakan sambal khas Manado.

Untuk memberi rasa yang lebih otentik dengan sensasi asap yang menggugah selera, bahan dasar ikan Cakalang tersebut didatangkan langsung dari Manado yang kemudian diolah dengan resep asli dari sang bunda.

“Cakalang Rica ini menghadirkan menu makanan rumahan khas Manado, semua resep dari ibu, makanya kami menggunakan brand Cakalang Rica by Mamy Ester," tuturnya.

Setelah satu tahun berjalan, dia kemudian mulai berani membuka restoran dengan aneka menu masakan khas Manado di kawasan Meruya pada akhir 2019. Selang beberapa bulan berjalan, pandemi melanda sehingga penjualannya pun kembali difokuskan ke online.

Meski demikian, penjualan Cakalang Rica justru meningkat di masa pandemi karena banyak masyarakat yang memesan makanan secara online. Dia pun cukup kreatif membuat berbagai macam menu masakan dalam bentuk hampers. Konsumen bisa memilih dan memesan beberapa menu sesuai keinginan.

Meskipun memiliki restoran tetapi saat ini lebih dari 80 persen penjualan Cakalang Rica berasal dari saluran online, baik melalui aplikasi online, instagram, whatsapp, maupun e-commerce.

Wanita kelahiran 1992 ini melihat bahwa antusiasme masyarakat terhadap masakan khas Manado terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi kini banyak restoran Manado yang menyajikan menu masakan halal termasuk Cakalang Rica, dengan harga yang lebih bersahabat.

“Dulu Manado identik dengan makanan pedas sekarang ngga harus selalu pedas tapi berani bumbu karena masakan Manado ini bumbunya melimpah ruah makanya dia jadi mahal. Tapi sekarang juga makan Manado enggak harus mahal dan banyak yang halal seperti di Cakalang Rica,” tuturnya.

Menurutnya, untuk satu porsi makanan di Cakalang Rica ini pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.000 sudah dapat satu porsi nasi lengkap dengan lauk, sambal, dan sayuran khas Manado. Dan untuk berdua hanya Rp70.000 atau masih kurang dari Rp100.000.

Pilihan menunya pun beragam. Beberapa menu favorit antara lain Cakalang Rabe Rica yaitu ikan cakalang suir yang diberi sambal Rica, Ayam Woku dan Cumi Woku yang diolah dengan bumbu khas Woku dari Manado, Cakalang Bakar sambal Dabu-Dabu, Ikan Tude, Cumi Rica, dan Cakalang Fufu yaitu ikan Cakalang asap dengan sambal khas Manado

Menurutnya, Cakalang Fufu menjadi salah satu yang paling diminati konsumen dengan harga per botol sekitar Rp80.000 yang bisa dikonsumsi untuk 5 hingga 6 porsi.

Tidak hanya menjual menu makanan berat, Cakalang Rica juga menyediakan berbagai makanan ringan atau kue seperti klapertart, panada, dadar gulung, hingga bakwan jagung khas Manado.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran Masakan Manado
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top