Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Friluftsliv, Konsep Hidup Bahagia Orang Norwegia

Konsep friluftsliv sedang ramai diikuti para penjelajah saat ini. Menghabiskan waktu dan membenamkan diri di alam terbuka seolah menjadi tren hiburan selama pandemi covid-19. Friluftsliv gandrungin karena dianggap ampuh untuk menhilangkan penat.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  17:14 WIB
Ski dan berjalan kaki lintas alam adalah yang paling populer, berbagai aktivitas luar ruangan dinikmati di Norwegia mulai dari lari lintas alam hingga kereta luncur anjing.  - Bloomberg
Ski dan berjalan kaki lintas alam adalah yang paling populer, berbagai aktivitas luar ruangan dinikmati di Norwegia mulai dari lari lintas alam hingga kereta luncur anjing. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA— Konsep friluftsliv sedang ramai diikuti para penjelajah saat ini. Menghabiskan waktu dan membenamkan diri di alam terbuka seolah menjadi tren hiburan selama pandemi covid-19. Friluftsliv gandrungin karena dianggap ampuh untuk menhilangkan penat.

Melansir dari macsadventure, kata friluftsliv pertama kali muncul dalam puisi milik Hendrik Ibsen yang berjudul On the Heights. Penyair Norwegia tersebut secara harfiah menerjemahnkannya menjadi kehidupan di udara bebas. Friluftsliv adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan secara luas hubungan dengan alam yang begitu kuat di Norwegia.

Dalam puisi tersebut menggambarkan seorang pria yang berkelana ke alam liar untuk mencari kesendirian guna menjernihkan pikiran dan merencanakan masa depan.

Friluftsliv for my mind, begitu kata Ibsen yang menyinggung udara segar dan ketenangan mengarah pada kejernihan pikiran. Namun pada tahun-tahun sejak booming kata tersebut, istilah friluftsliv digunakan untuk menggambarkan secara luas situasi berada di luar ruangan yang terhubung dengan alam, dan melalui segala bentuk aktivitas di luar ruangan.

Bila menanyakan friluftsliv pada orang Norwegia, Anda akan menerima banyak jawaban, seperti alam bebas yang luar biasa, patriotisme, teman, saat-saat menyenangkan dan bagian yang setara relaksasi dan aktivitas fisik, petualangan kekanak-kanakan, eksplorasi, dan ketenangan, untuk menjauh dari kenyataan, berada di luar dengan cara yang sederhana, hadir di alam dan masih banyak lagi.

Friluftsliv dapat digambarkan sebagai sebuah filosofi tetapi bagi orang Norwegia itu hanyalah sebuah cara hidup. Selain dapat meningkatkan kesehatan mental, cara hidup orang Norwegia ini juga akan membuat lebih bahagia.

Berikut poin penting konsep hidup friluftsliv :

1. Didirikan oleh Alam

Ski dan berjalan kaki lintas alam adalah yang paling populer, berbagai aktivitas luar ruangan dinikmati di Norwegia mulai dari lari lintas alam hingga kereta luncur anjing. Norwegia adalah negara yang benar-benar tertutup oleh pemandangan menakjubkan. Norwegia telah dibentuk dan dipahat secara ekstensif oleh kekuatan alam. Aktivitas glasial dan tektonik telah menghasilkan daratan yang terdiri dari campuran garis pantai, fjord, gletser, dan pegunungan yang menakjubkan di mana populasi kecil manusia lebih dari 5 juta tersebar sangat jarang.

Ini berarti ada banyak kesempatan untuk keluar karena alam, secara harfiah, berada di depan pintu. Negara ini mendapat manfaat dari efek Arus Teluk dan aliran udara hangat yang memberi iklim Norwegia. Di tempat tersebut iklim lebih bersahabat daripada wilayah lain di garis lintang yang sama, hal itu memungkinkan orang Norwegia menikmati aktivitas musim panas dan musim dingin.

2. Mulai Sejak Muda

Anak-anak Norwegia ditanamkan rasa bangga terhadap lingkungan alam dan didorong untuk mengembangkannya lebih jauh dengan bermain dan menjelajah. Disana penitipan anak yang populer dikenal sebagai frilufts barnehage atau taman kanak-kanak hutan, di mana pembelajaran disusun berdasarkan waktu yang dihabiskan di luar. Akibatnya, sikap masyarakat berbeda dengan negara Eropa lainnya.

Di Norwegia jenis kegiatan ini umumnya didorong karena para ahli anak usia dini percaya bahwa kegiatan tersebut sangat penting dalam mengembangkan kemandirian. Meskipun negara kaya, orang Norwegia sangat menghargai mempertahankan gaya hidup yang sederhana dan sederhana. Sebagian besar orang Norwegia memiliki kabin sederhana bersama dengan rumah keluarga utama.

Pada akhir pekan dan selama liburan jalan tersibuk adalah yang mengarah ke antah berantah saat orang pergi ke markas mereka di hutan belantara. Selain menghabiskan akhir pekan di tempat-tempat pedesaan, banyak orang Norwegia juga memilih untuk berlibur di Norwegia.

3. Alam Adalah Untuk Semua Orang

Perundang-undangan juga berperan dalam mengajarkan rasa hormat terhadap alam dan mendorong kegiatan di luar ruangan. Hingga 60 tahun yang lalu tidak ada undang-undang yang diakui untuk memudahkan warga menikmati alam bebas.

Allemansrätten atau all man's right adalah ide tradisional yang dijalankan selama berabad-abad yang memberikan akses ke tempat-tempat liar. Namun baru pada tahun 1957 hak untuk berkeliaran ditetapkan dalam undang-undang dengan disahkannya undang-undang rekreasi outdoor.

Undang-undang tersebut memperkenalkan sejumlah pedoman yang dirancang untuk memberikan akses yang sama ke alam bagi semua warga negara dan wisatawan, dengan premis dasar menghormati alam.

Tujuan dari Undang-undang itu adalah untuk melindungi alam, untuk kemanan rekreasi luar ruangan dan untuk melindungi hak akses perjalanan publik melalui pedesaan. Kemudian hak untuk menghabiskan waktu di sana. Dengan begitu peluang untuk rekreasi luar ruangan sebagai kegiatan rekreasi itu sehat, berwawasan lingkungan dan memberi rasa sejahtera dipelihara.

Mengesampingkan gagasan romantis, pada akhirnya frilufstliv adalah tentang orang-orang Norwegia yang mengenali dan memanfaatkan fakta bahwa mereka tinggal di negara dengan keindahan alam yang luar biasa dengan peluang besar untuk aktivitas luar ruangan. Orang Norwegia sangat senang membagikan apa yang mereka miliki secara berlimpah, memungkinkan kita semua untuk mengalami friluftsliv.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

norwegia Musim Salju
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top