Samgyetang alias Ginseng Chicken Soup. /koreanbapsang.com
Kuliner

Setelah Kimchi, China Klaim Makanan Khas Korea Samgyetang

Luke Andaresta
Rabu, 31 Maret 2021 - 21:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- China telah mengklaim bahwa Samgyetang, atau sup ayam ginseng tradisional Korea, adalah milik mereka dan membuat kesal banyak warga Korea yang merasa lelah dengan provokasi budaya negara tetangga tersebut.

Melansir The Korea Times, mesin pencari Baidu di China menggambarkan Samgyetang sebagai hidangan sup ayam yang berasal dari provinsi Guangdong, China, yang kemudian diperkenalkan ke Korea dan kemudian menjadi salah satu hidangan paling ikonik yang dicintai oleh anggota keluarga kerajaan Korea.

Pihak Administrasi Pembangunan Pedesaan Korea menampik klaim tersebut dan menjelaskan bahwa orang Korea telah membuat sup dengan ayam setidaknya sejak era Joseon.

Samgyetang populer di kalangan orang kaya Korea selama masa kolonial Jepang dan mereka menikmati sup ayam dengan bubuk ginseng. Makanan ini menjadi lebih populer di kalangan orang biasa setelah tahun 1960-an.

Prof Seo Kyung-duk dari Universitas Wanita Sungshin yang mengklaim diri sebagai ‘humas’ untuk Korea lantas mengirim email keluhan kepada Baidu dan mendesak portal tersebut untuk merevisi informasi yang salah tentang Samgyetang.

“Baidu telah menimbulkan kontroversi dengan memutarbalikkan sejarah Samgyetang, seperti yang terjadi dengan Kimchi baru-baru ini dan mendesak situs web untuk merevisi agar memberikan informasi yang tepat kepada netizen,” kata Seo dikutip Bisnis, Rabu (31/3).

Tahun lalu, Baidu juga mengklaim bahwa kimchi dibuat di China. Namun, situs web tersebut menghapus klaim tersebut setelah Seo mengajukan keluhan, tetapi kemudian menambahkannya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro