Samgyetang/istimewa
Kuliner

Gaduh, China Klaim Sup Ayam Tradisional Korea Berasal dari Guangdong

Rezha Hadyan
Selasa, 30 Maret 2021 - 19:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keributan yang diakibatkan oleh aksi klaim makanan atau kesenian tradisional ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia dan Malaysia saja.

Keributan yang sama ternyata juga terjadi di China dan Korea Selatan setelah China mengklaim bahwa Samgyetang, atau sup ayam ginseng tradisional Korea, adalah milik mereka.

Hal tersebut sontak membuat kesal banyak orang Korea Selatan yang lelah dengan provokasi budaya negara tetangga.

Melansir The Korea Times pada Selasa (30/3/2021), keributan bermula setelah mesin pencari lokal China, Baidu menjelaskan Samgyetang digambarkan sebagai hidangan sup ayam yang berasal dari provinsi Guangdong, China, yang kemudian diperkenalkan ke Korea.

Mesin pencari yang menjadi pengganti Google itu menambahkan bahwa hidangan tersebut kemudian menjadi salah satu hidangan paling ikonik yang dicintai oleh anggota keluarga kerajaan Korea.

Tak lama setelah munculnya penjelasan itu, Administrasi Pembangunan Pedesaan mengeluarkan pernyataan bahwa penjelasan Baidu salah besar. Mereka menyebut bahwa orang Korea telah membuat sup dengan ayam setidaknya sejak era Joseon.

Samgyetang populer di kalangan orang Korea kaya selama masa kolonial Jepang dan mereka menikmati sup ayam dengan bubuk ginseng. Ini menjadi lebih populer di kalangan orang biasa setelah tahun 1960-an.

Prof Seo Kyung-duk dari Universitas Wanita Sungshin, seorang yang memproklamirkan diri sebagai seorang humas untuk Korea, yang secara sukarela mengoreksi pemahaman yang tidak akurat tentang sejarah Korea di luar negeri, mengatakan dia mengirim email keluhan ke Baidu, mendesak portal untuk merevisi informasi yang salah tentang makanannya.

"Baidu telah menimbulkan kontroversi dengan memutarbalikkan sejarah dengan Samgyetang, seperti yang terjadi dengan Kimchi baru-baru ini… jadi saya segera mengirim email ke Baidu yang mengatakan, 'China bahkan tidak menggunakan Harmonized System (HS) - atau nama dan nomor internasional yang ditunjuk untuk produk yang diperdagangkan - untuk Samgyetang, sedangkan Korea mengklasifikasikan makanan dengan nomor 1602.32.1010. " ujarnya.

Beberapa orang Korea mengklaim bahwa seharusnya tidak ada masalah, karena Samgyetang hanyalah hidangan Korea. "Seharusnya tidak ada perselisihan tentang asal muasal makanan tersebut, karena dibuat di Korea. Semakin banyak kontroversi menyebar, semakin membantu orang China mengklaim bahwa makanan tersebut adalah milik mereka."

Kontroversi itu muncul setelah situs web dan influencer China juga mengklaim beberapa hidangan Korea sebagai milik mereka selama beberapa bulan terakhir.

Tahun lalu, surat kabar "Global Times" milik pemerintah China mengklaim bahwa China telah memimpin standar internasional untuk acar sayuran, termasuk kimchi, menyusul persetujuan makanan acar, paocai, oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Meskipun "paocai" dalam bahasa China mengacu pada hidangan China yang berbeda dari kimchi, yang juga dapat dibaca sebagai "paocai" dalam bahasa China, media menulis cerita seolah-olah keduanya sama, yang membuat marah banyak orang Korea dan media Korea karena "mencuri aset budaya".

Tahun lalu, Baidu juga mengklaim bahwa kimchi dibuat di China. Situs web tersebut menghapus klaim tersebut setelah Seo mengajukan keluhan, tetapi kemudian menambahkannya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro