Pegawai hotel melayani wisatawan di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (3/3/2020). Tingkat hunian hotel di Bali rata-rata turun hingga 70 persen sejak merebaknya wabah virus corona./ANTARA FOTO-Nyoman Hendra Wibowo
Travel

5 Hal Wajib Dimiliki SDM Berkualitas di Industri Pariwisata

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 30 Maret 2021 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini pariwisata nasional tengah berusaha bangkit kembali. Upaya tersebut akan berjalan lancar dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Vice President Human Capital, Panorama Hospitality Management (PHM) Muhammad Fahmi mengatakan bila saat ini beberapa perusahaan dalam merekrut SDM sangatlah ketat. Maka dari itu diperlukan beragam hal itu bersaing dengan SDM lainnya.

" Saat ini dalam mencari tenaga kerja industri pariwisata akan melakukan perekrutan kembali kariyawan yang sebelumnya punya pengalaman namun terpaksa diberhentikan karena pandemi, atau mencari lulusan program sarjana, dan lulusan pendidikan vokasi. Dari semua itu, akan diambil yang paling berkualitas," katanya dalam Webinar Insight from IdeA, Selasa (30/3/21).

Berikut adalah hal yang harus dimiliki SDM berkualitas :

1.HARD SKILLS

SDM wajib memiliki pengetahuan atau ilmu yang kita pelajari di lembaga pendidikan atau sejenisnya. Seperti memahami keahlian teknis dari pelayanan publik, atau mengoperasikan perangkat lainnya. Misalnya mengoperasikan komputer, atau memasak bila tertarik menjadi juru masak hotel.

2. HEALTH & SAFETY

Di tengah laju virus Covid-19 yang tidak dapat diketahui pasti kapan akan berhenti, pengetahuan tentang kesehatan dan perlindungan sangatlah penting. Selain untuk melindungi diri sendiri, ilmu ini berguna untuk diterapkan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang datang ke hotel.

3. PEOPLE SKILLS

Ini merupakan skil dasar untuk bekerja di ranah pelayanan publik. Setiap SDM wajib membuat hubungan yang nyaman dengan orang lain. Misalnya menghadapi perilaku tamu yang beragam. Kemudian memiliki karakter hospitality, serta mampu memberikan pelayanan dengan nilai lebih.

4. DIGITAL SKILLS

Para SDM harus melek dengan teknologi digital. Dengan begitu dapat menjalankan segala hal secara digital baik dalam proses promosi dan komunikasi.

5. GROWTH MINDSET

Ini adalah pola pikir yang dapat membuat seseorang untuk mau belajar dan berkembang. SDM akan sempurna bila memiliki modal ini, dimana akan selalu bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro