Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerbangan Dibatalkan karena Covid-19? Lakukan Langkah Ini

Berenang di perairan subur Maladewa, menjelajahi kelezatan kota yang jauh atau berjemur di bawah sinar matahari Bali mungkin menjadi impian Anda saat ini. Namun krisis kesehatan yang menyebar luas telah menghentikan rencana itu terwujud.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  20:31 WIB
Jadwal Penerbangan Dibatalkan.  - Bisnis.com
Jadwal Penerbangan Dibatalkan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berenang di perairan subur Maladewa, menjelajahi kelezatan kota yang jauh atau berjemur di bawah sinar matahari Bali mungkin menjadi impian Anda saat ini. Namun krisis kesehatan yang menyebar luas telah menghentikan rencana itu terwujud.

Sementara ini menunggu, duduk santai, mengambil napas, dan dengan sabar sambil menunggu datangnya liburan gemilang itu. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur membeli tiket pesawat namun tidak jadi berangkat?

Melansir dari luxurylifestylemag, meskipun Anda akan menerima pemberitahuan dalam bentuk email dari maskapai penerbangan atau perusahaan perjalanan mengenai penerbangan yang dibatalkan, tampaknya banyak yang tidak memberikan uang kembali kepada Anda dengan alasan laporan tentang PHK di dalam maskapai penerbangan.

Hal itu tentunya mengkhawatirkan, apakah dapat melihat uang hasil jerih payah Anda kembali.

Wisatawan dari seluruh dunia dibiarkan berebut untuk menerima kompensasi dari penerbangan yang dibatalkan dengan maskapai penerbangan.

Perusahaan memang menulis buku peraturan mereka tentang cara menangani pengembalian uang, tetapi penting untuk dipahami bahwa Anda berhak atas pengembalian dana.

Untuk membantu memahami sedikit lebih banyak tentang situasi dan cara mendapatkan pengembalian dana, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Perhatikan Apa Aturannya

Menurut Otoritas Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Authority (CAA), Anda berhak memilih antara pengembalian uang untuk penerbangan yang dibatalkan atau penerbangan alternatif. Ini tergantung dari mana penerbangan lepas landas dan mendarat, apakah hal itu dilindungi oleh undang-undang UE. Departemen Perhubungan AS juga menyatakan bahwa penumpang berhak atas pengembalian uang untuk penerbangan yang dibatalkan dan ini harus dibayar kembali dalam waktu tujuh hari kerja dengan kartu, dibayar tunai atau cek.

CAA juga menyatakan bahwa penting konsumen diberi opsi yang jelas untuk meminta pengembalian uang tunai tanpa hambatan yang tidak perlu. Dan mereka mengharapkan maskapai untuk memberikan pengembalian uang sesegera mungkin.

2.Tunggu Pembatalan Resmi

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan pengembalian uang tunai penuh, sangat penting bagi Anda untuk tidak segera mengubah rencana perjalanan Anda. Sebaliknya, pendekatan yang lebih baik adalah menunggu dan melihat apakah maskapai penerbangan akan membatalkan penerbangan.

Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menerima pengembalian uang penuh jika maskapai penerbangan membatalkan penerbangan. Secara proaktif meminta pengembalian uang tunai sebelum pembatalan tidak memberi Anda banyak pengaruh negosiasi.

3.Hindari Penawaran Kredit

Jika tujuan Anda adalah menerima pengembalian uang tunai penuh, Anda harus berhati-hati dalam menerima kredit atau voucher perjalanan. Ini berlaku bahkan jika maskapai bersikeras bahwa mereka tidak akan memberikan pengembalian uang penuh.

Maskapai akan mengiming-imingi Anda menerima rencana perjalanan baru atau kredit untuk digunakan di masa mendatang. Setelah penawaran tersebut diterima, maskapai penerbangan tidak berkewajiban secara hukum untuk mengembalikan uang Anda.

4. Memahami Bonus

Beberapa maskapai penerbangan akan menawarkan kredit bonus perjalanan jika Anda ingin mengubah penerbangan atau menerima kredit standar. Bonus ini umumnya dalam jumlah tetap atau persentase hadiah pada kartu kredit perjalanan yang ditentukan.

Sebelum menerima tawaran tersebut, penting bagi Anda untuk memahami semua detail seperti periode kedaluwarsa. Ini mungkin bagus jika Anda sering bepergian dan akan menggunakan bonus, tetapi jika Anda mencari kompensasi karena ketidaknyamanan ini, sebaiknya hindari hal ini.

5. Lindungi Diri Sendiri

Daripada membiarkan pengembalian uang tidak penuh, Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan pihak ketiga yang dirancang untuk membantu memberikan pengembalian uang dengan sedikit kerumitan.

Layanan profesional akan memastikan bahwa Anda menerima kompensasi yang berhak diterima sebagai akibat dari gangguan perjalanan, selain nilai tiket yang dikembalikan.

Meskipun tidak dapat menjamin bahwa akan membuat rencana perjalanan berhasil, namun Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa keuangan terlindungi jika terjadi pembatalan.

Jangan ada keraguan untuk menindaklanjuti pembatalan perjalanan karena Covid-19. Anda harus mempersenjatai diri dengan alat dan informasi yang tepat. Dengan begitu dapat sangat membantu dalam memastikan bahwa dapat menerima kompensasi apa pun yang menjadi hak Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jadwal penerbangan asuransi perjalanan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top