Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Langkah Jadi Travel Vloger Pemula

Meskipun perjalanan yang menakjubkan itu agak di luar jangkauan karena pembatasan sosial, para traveler bisa memanfaatkan waktu saat ini untuk menyiapkan banyak hal. Salah satunya mempelajari keterampilan baru membuat video perjalanan atau travel vlog.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  18:04 WIB
Pemilik vlog Myfunfoodiary mengatakan sebagai seorang vlogger harus kreatif menciptakan konten yang mampu menarik para viewers.  - istimewa
Pemilik vlog Myfunfoodiary mengatakan sebagai seorang vlogger harus kreatif menciptakan konten yang mampu menarik para viewers. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun perjalanan yang menakjubkan itu agak di luar jangkauan karena pembatasan sosial, para traveler bisa memanfaatkan waktu saat ini untuk menyiapkan banyak hal. Salah satunya mempelajari keterampilan baru membuat video perjalanan atau travel vlog.

Menjadi travel vloger kini banyak digandrungi, bahkan jadi pelengkap gaya hidup dan profesi yang menguntungkan.

Melansir dari luxurylifestylemag, untuk membuat video perjalanan yang bagus, Anda perlu memastikan diri telah mempelajari beberapa keterampilan dan memiliki peralatan dan perangkat lunak yang tepat.

Berikut 4 hal yang harus dilakukan oleh travel vloger pemula :

1. Siapkan Peralatan dan Perangkat Lunak Tepat

Membuat video perjalanan adalah pengalaman yang menyenangkan. Untuk mendapatkan bidikan terbaik untuk vlog Anda, diperlukan membeli peralatan terbaik. Tentu saja, ponsel bisa dijadikan opsi untuk merekam video. Namun gambar akan jauh lebih jelas menggunakan kamera digital HD dengan mikrofon internal.

Lakukan sedikit riset, periksa ulasan, dan pilih kamera yang akan memberi Anda kejelasan terbaik. Selain itu, beberapa perangkat lunak pengeditan yang baik adalah keharusan mutlak.

Tahap pengeditan adalah saat video Anda benar-benar menjadi hak cipta sendiri. Ini juga dapat menjadi pembeda antara karya amatir dan dokumenter yang tampak profesional. Perangkat Lunak Multimedia oleh Movavi adalah pilihan yang bagus untuk mengubah rekaman mentah Anda menjadi sesuatu yang istimewa.

2.Temukan Gaya Sendiri

Sebelum mulai merekam apa pun, Anda pasti ingin memahami gaya sediri. Pikirkan gaya vlog perjalanan yang Anda inginkan, tonton beberapa video perjalanan lain yang ada, dan pilih aspek yang menarik bagi Anda untuk memberikan arahan yang sesuai untuk Anda.

Jika lebih suka membahas tentang tujuan dan bukan tentang diri, Anda dapat melakukannya. Itu tergantung apakah pemirsa ada untuk melihat Anda atau tidak. Memastikan memiliki gaya sendiri dalam mengunggah vlog dapat lebih dihargai konsistensinya.

3. Kualitas Video

Saat merekam, pastikan pencahayaannya bagus, kamera tidak goyang, dan tidak terlalu banyak noise di latar belakang saat memfilmkan karya Anda.

Pastikan bahwa pencahayaan tepat, dan cahaya alami adalah yang terbaik. Kemudian, jika Anda membuat film di tempat yang tenang, pastikan tidak ada yang berbicara, dan angin tidak mengganggu. Saat berbicara dengan kamera, Anda dapat melakukan tes klip dan mendengarkan kembali untuk memastikan tidak ada gangguan.

Tip yang sangat penting untuk diingat adalah menjaga kestabilan kamera Anda. Tidak ada yang suka menonton vlog yang goyang, jadi pertahankan lengan yang stabil saat merekam. Pegang dekat dengan tubuh agar stabil saat tidak perlu memegangnya dengan tripod.

Selain itu, jangan lupa nikmati dirimu sendiri. Meskipun ingin membuat vlog perjalanan yang sempurna, tetapi jika ada momen menakjubkan terkadang lebih baik meletakkan kamera dan menikmati momen itu apa adanya.

Tidak setiap aspek perlu difilmkan, dan penonton tidak akan pernah tahu apa yang mereka lewatkan. Jika melihat matahari terbenam yang indah, terpesona oleh deburan ombak, atau pemandangan yang luar biasa lainya keluarkan kamera Anda. Cuplikan kecil ini membuat bidikan pengisi yang sempurna.

4. Pengeditan

Ini adalah bagian terpenting dari keseluruhan proyek, jadi luangkan waktu Anda dan pastikan memiliki perangkat lunak pengeditan terbaik. Mengedit Setelah pulang dengan perjalanan fantastis pasti ingin memastikan vlog perjalanan Anda berfungsi secara keseluruhan.

Dan di sinilah pengeditan berperan. Memiliki rekaman yang bagus adalah kuncinya, tetapi pengeditan adalah tempat semua kerja keras masuk. Tahap ini merupakan bagian yang paling memakan waktu, setidaknya jika Anda ingin vlog perjalanan Anda menjadi sesuatu yang istimewa.

Jika ingin menjadi mewah, Anda dapat bermain-main dengan efek dan kecepatan. Namun tergantung gaya dan selera pribadi. Anda dapat bermain dengan suara, musik namun hati-hati dengan hak cipta, kata-kata, dan sejenisnya.

Cobalah untuk atur durasi Vidio saat proses pemotongan. Film yang terlalu lama akan membuat orang bosan. Jika ada hal luar biasa yang ingi dibagikan, pastikan vlog secara keseluruhan memiliki kecepatan tetap untuk membuat pemirsa tetap terhibur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips travel Vlog
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top