Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumatra Selatan Ingin Pempek Jadi Warisan Budaya UNESCO

Pemprov Sumatra Selatan memperjuangkan makanan khas pempek menjadi warisan budaya tak benda ke badan PBB UNESCO. Pemprov Sumsel berupaya mengajukan warisan budaya lainnya untuk disertifikasi dan diperjuangkan untuk mendapat pengakuan tingkat dunia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  02:27 WIB
Aneka jenis pempek/Antara - Feni Selly
Aneka jenis pempek/Antara - Feni Selly

Bisnis.com, PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Sumatra Selatan memperjuangkan makanan khas pempek menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

"Sebelum diajukan ke UNESCO, pada Maret 2021 ini pempek sedang dikurasi di tingkat pusat menjadi salah satu WBTB tingkat dunia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal.

Dia menjelaskan dalam upaya melestarikan warisan budaya tak benda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sertifikasi terhadap berbagai warisan budaya tak benda dari setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

Untuk memberikan penilaian terhadap warisan budaya yang dianggap sangat menarik, unik dan harus dilestarikan, mohon dukungan dari semua pihak (penthahelix) agar pempek bisa menjadi WBTB tingkat dunia oleh UNESCO.

Menurut dia, setiap daerah diberi peluang seluas-luasnya untuk mengajukan warisan budaya tak benda yang nantinya dikurasi oleh Tim Ahli WBTB Indonesia.

Selain pempek, pihaknya berupaya mengajukan warisan budaya lainnya untuk disertifikasi dan diperjuangkan untuk mendapat pengakuan tingkat dunia.

Melalui upaya tersebut diharapkan warisan budaya yang dimiliki masyarakat provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu tetap lestari dan menjadi kebanggaan serta daya tarik wisatawan, kata kadisbudpar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner unesco pempek

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top