Gunung Rinjani/Sumber Instagram @gunungrinjani_nationalpark
Travel

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Sekitar Gunung Rinjani

Lukman Nur Hakim
Kamis, 25 Maret 2021 - 11:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tak mengetahui Gunung Rinjani. Gunung yang berada Lombok, Nusa Tenggara Barat ini dikenal memiliki keindahan yang menjadi daya pikat yang menarik bagi wisatawan  lokal maupun internasional.

Baru – baru ini, pihak Taman Nasional Gunung Rinjani mengumumkan jika pada awal April nanti Gunung Rinjani akan dibuka kembali untuk umum, untuk pendakian maupun non pendakian. Berikut destinasi yang harus kalian kunjungi setelah Gunung Rinjadi dibuka.

1. Segara anak

Yap, kurang jika pergi ke Gunung Rinjani tanpa mampir ke danau Segara Anak. Danau yang berada di ketinggian sekitar 2.000 Mdpl ini adalah surga yang tersembunyi yang berada di kawasan Gunung Rinjani.

Memang, jalur untuk sampai ke danau ini agak cukup lama, sekitar 5-6 jam perjalanan dengan jalur menanjak. Namun, dibalik itu perjalanan kalian akan dibayar lunas jika sudah berada di sekitar Danau Segara Anak ini

2. Pelawangan Sembalun

Selain Segara Anak, terdapat juga tempat yang sangat menawan di jalur pendakian Gunung Rinjani, itu adalah Pelawangan Sembalun. Tempat ini bisa dikatakan tempat favorit bagi para pendaki yang ingin bermalam sebelum melakukan Summit Attack ke puncak Rinjani.

Selain itu, Pelawangan Sembalun adalah tempat yang wajib dikunjungi karena keindahan dari pemandangan yang diberikan tempat ini. meskipun harus ditempuh dengan lama 8-10 jam, tetapi lelah kalian akan dibayar jika sudah melihat keindahan yang diberikan oleh tempat ini.

3. Lawang Sembalun

Tempat ketiga yang harus kalian kunjungi jika berada di sekitar Gunung Rinjani adalah Lawang Sembalun. Tempat ini cocok untuk para pemula yang ingin merasakan seperti apa menyenangkannya naik gunung.

Berada di daerah Lawang, tempat ini menyajikan keindahan savana dan pemandangan yang ciamik. Selain itu, tempat ini juga dikenal dengan gerbang masuk pendakian Gunung Rinjani.

Lawang Sembalun destinasi rinjan
Lawang Sembalun destinasi rinjan

4. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun yang memiliki tinggi sekitar 40 Meter ini berada di desa sajang, sembalun. Tempat ini menyajikan suasana yang asri dan menenangkan sebab berada jauh dari pemukiman warga.

Untuk jarak sendiri, air terjun ini berjarak sekitar 1 – 2 jam dari desa lawang sembalun. Dan, jika kalian ingin datang kesini siapkan fisik yang kuat, sebab jalanan yang menanjak dan berbatu sudah menunggu anda

5. Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile atau yang lebih dikenal dengan Sendang Gile merupakan air terjun yang berada di desa Senaru. Berbeda dengan 4 destinasi tadi, tempat ini berada di dekat dengan jalur pendakian senaru. Untuk bisa sampai ke air terjun yang memiliki tinggi sekitar 600 Meter ini, kalian harus menempuh waktu paling lama setengah jam.

air terjun sendang gile
air terjun sendang gile

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro