Uzbekistan/www.adb.org
Travel

5 Rekomendasi Lokasi Wisata Saat Liburan ke Uzbekistan

Yudi Supriyanto
Rabu, 24 Maret 2021 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda telah divaksin dan memungkinkan untuk bepergian ke luar negeri, maka Uzbekistan adalah salah satu negara yang layak untuk dipertimbangkan.

Bukan tanpa sebab, negara ini memiliki berbagai macam tempat menarik yang akan membuat liburan Anda tidak terlupakan.

Dilansir dari Times of India, Uzbekistan terkenal dengan kota-kotanya yang pernah menjadi jalur sutera seperti Bukhara, Khiva, dan Samarkand.

Tidak hanya itu, negara ini juga memiliki kekayaan warisan dan sejarah yang layak dan harus pelancong kunjungi. Saat ini, Uzbekistan bahkan menjadi rumah bagi 6 Warisan Budaya Benda Tak Benda UNESCO dan 4 Warisan Dunia UNESCO.

Berikut tempat-tempat yang tidak boleh Anda lewati ketika berkunjung ke negara ini:

1. Samarkand

Samarkand, atau Crossroad of Cultures, adalah sebutan resmi yang digunakan untuk menggambarkan situs Warisan Dunia UNESCO.

Meskipun namanya memunculkan bayangan dari zaman kuno, kota ini sekarang adalah kota yang hidup, yang dengan bangga menghargai tradisinya hingga saat ini.

Saat berada di sini, jangan lewatkan tempat-tempat wisata terpopulernya, seperti Registan square, Shah-i-Zinda complex, Bibi Khanum, dan Gur Emir Mausoleums.

2. Tashkent

Tashkent adalah ibu kota Uzbekistan, dan juga yang terbesar di Asia Tengah. Kota ini berhasil mempertahankan populasi multi-etnis, dan telah menyaksikan sejarah panjang berbagai perubahan dalam afiliasi agama dan politik.

Tashkent juga, namanya secara harfiah diterjemahkan sebagai kota batu, dan telah dibangun kembali beberapa kali setelah dihancurkan karena berbagai alasan. Kerusakan terakhir yang terjadi di kota ini akibat gempa bumi pada 1966.

3. Bukhara

Selama beberapa abad, pusat bersejarah Bukhara telah menjadi basis penting bagi teologi dan sains Islam.

UNESCO mengakuinya sebagai pusat kota yang terpelihara dengan baik, sebagai kota abad pertengahan yang patut dicontoh.

Perkembangan perkotaan, ilmu pengetahuan, dan ekonomi di Bukhara berdampak besar pada dunia Islam pada abad pertengahan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi tempat ini, maka nikmatilah berjalan-jalan di sekitar kota tua agar Anda bisa menikmati warisan arsitekturalnya.

4. Khiva

Khiva adalah situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Uzbekistan, dan terkenal akan pentingnya tradisi Jalur Sutra kuno.

Di tempat inilah sarjana AI-Khoresmi, Bapak Aljabar, lahir dan memperkenalkan algoritma ke dunia.

Saat berada di sini, ambil kesempatan untuk menjadi bagian dari tur berpemandu, dan ketahui lebih banyak tentang sejarah kota yang menakjubkan ini.

5. Termez

Berada di selatan, Termez bukan lah tempat yang dekat. Namun, bukan berarti tempat ini tidak layak untuk dikunjungi.

Perjalanan ke selatan akan terbayar lunas ketika Anda sampai, dan menyaksikan situs arkeologi yang menarik, yang berasal dari zaman pra-islam.

Saat sampai di tempat ini, jangan sampai Anda melewati Museum Arkeologi Termez yang sangat terkenal, kemudian situs Kampir Tepa dan Fayaz Tepa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro