Ilustrasi wisata di Bali
Travel

Menelusuri Destinasi Wisata Indonesia lewat Aplikasi Tlusur

Luke Andaresta
Selasa, 23 Maret 2021 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Seiring perkembangan zaman dan kehidupan, nyaris semua orang beranggapan bahwa traveling merupakan sebuah kebutuhan wajib. Biasanya kebanyakan orang akan mencari tahu dahulu informasi destinasi yang akan didatangi melalui website atau media sosial.

Dirilis dari siaran resminya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memanfaatkan aplikasi “Tlusur” untuk menyediakan informasi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Menggandeng PT Fantasis Anak Bangsa (FAB) selaku pengembang aplikasi Tlusur di Surya Cafe, Benoa, Bali, Minggu (21/3/2021), Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno mengatakan aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi-informasi seperti penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata, serta jumlah kapasitas pengunjung di destinasi tersebut.

“Aplikasi ini akan melaporkan penggunanya ketika suatu destinasi wisata itu dalam kapasitas kosong, begitu pun sebaliknya,” kata Sandiaga dikutip Bisnis pada Senin (22/3/2021).

Sandiaga mengungkapkan, aplikasi “Tlusur” ini diharapkan dapat membantu pihaknya dalam melakukan proses testing dan tracing dari penderita covid-19. Hal ini juga berkaitan erat dengan rencana pembukaan travel corridor di Bali.

Aplikasi yang akan memasuki masa aplha testing ini direncanakan untuk dikolaborasikan dengan aplikasi-aplikasi tracing yang telah ada, seperti E-HAC dari Kemenkes dan PeduliLindungi dari Kemkominfo.

Sementara itu, Chief Executive Officer PT FAB, Fritz Tobing, mengatakan aplikasi ini diharapkan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang berwisata di masa pandemi covid-19.

“Aplikasi ini konsepnya melindungi para wisatawan dengan update tracking terkini dan membagikan berbagai informasi dari destinasi wisata yang ada di Bali,” ujar Fritz.

Meskipun demikian, nantinya aplikasi ini akan diberlakukan di seluruh destinasi wisata di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro