Masjid-masjid di wilayah yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekah ini kerap membagikan bubur kanji rumbi kepada masyarakat. /Antara
Kuliner

Puasa Sebentar Lagi! Ini Daftar Sajian Ramadan Khas Nusantara

Yudi Supriyanto
Senin, 22 Maret 2021 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia adalah negara yang kaya akan sajian kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan oleh pelancong ketika berkunjung. Salah satu kekayaan kuliner itu adalah kuliner Ramadan.

Sajian kolak memang khas dengan Ramadan. Namun, kuliner pada Ramadhan sebenarnya bukan hanya itu saja. Di Aceh, pelancong bisa menikmati sajian bubur kanji rumbi atau ketan bintul di Banten ketika Ramadan tiba.

Dilansir dari Indonesia Travel, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki paling sedikit 1 sajian kuliner yang harus ada pada santap sahur atau buka puasa ketika bulan penuh berkah ini datang. Selain memanjakan lidah, sajian kuliner itu mampu meninggalkan rasa tidak terlupakan.

Berikut sajian-sajian kuliner khas Ramadhan yang harus Anda nikmati ketika Ramadan tiba:

Bubur kanji rumbi - Aceh

Aktivitas buka bersama adalah aktivitas yang akan selalu rutin masjid adakan ketika Ramadhan tiba, dan bubur kanji rumbi adalah menu khusus yang tidak pernah alpa di Aceh saat Ramadan datang.

Masjid-masjid di wilayah yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekah ini kerap membagikan bubur kanji rumbi kepada masyarakat. Tidak hanya itu, sejumlah orang pun pasti menjajakan sajian nikmat ini, dan kerap menghiasai meja dan memberikan kehangatan ketika waktu berbuka tiba.

Putu mangkok - Kepulauan Riau

Saat berpuasa, badan tidak jarang merasa lemas. Jadi, sajian yang manis adalah sajian yang dapat Anda konsumsi ketika berbuka untuk mengembalikan energi.

Salah satu kuliner manis yang tidak boleh Anda lewatkan adalah putu mangkok dari Kepulauan Riau. Kueh ini memiliki rasa manis yang akan membuat Anda ketagihan. Taburan kelapa yang terdapat di atas kue memberikan rasa gurih, dan membuat kue dari tepung beras ini memiliki paduan rasa yang nikmat.

Putu mangkok memiliki keunikan bentuk dibandingkan dengan putu-putu lainnya karena berbentuk seperti mangkok yang terbalik.

Ketan bintul - Banten

Ketan bintul adalah kudapan yang diyakini telah ada sejak abad ke-16. terbuat dari ketan dan bertaburkan serundeng, makanan ini kerap menjadi buruan masyarakat Banten ketika Ramadhan datang.

Ketan yang hanya ada saat Ramadhan tiba ini sering dijadikan sajian berbuka puasa oleh masyarakat Banten, dan berdasarkan cerita yang berkembang, Sultan Banten disebutkan juga sangat menyukai kentan bintul untuk berbuka puasa.

Mi Glosor - Bogor

Di Bogor, Jawa Barat, salah satu sajian yang populer untuk berbuka puasa adalah mi glosor. Sepanjang Ramadhan, penjual mi yang memiliki tekstur sangat licin ini akn meningkat dan mudah ditemukan di pinggir jalan.

Kicak - Yogyakarta

Memiliki rasa manis bercampur gurih, Kicak adalah menu santap berbuka puasa yang tidak boleh pelancong lewati ketika berada di Yogyakarta. Takjil yang terbuat dari ketan dengan diberi santan, nangka, dan kelapa parut ini siap memanjakan lidah Anda setelah berpuasa seharian penuh.

Bongko kopyor - Gresik

Di Gresik, Jawa Timur, terdapat menu khas Ramadhan yang sangat terkenal, dan sulit ditemui ketika bukan Ramadhan. Sajian kuliner itu adalah bongko kopyor atau bubur nangka dan kelapa kopyor.

Makanan ini terbuat dari bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan santan yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus.

Sotong pangkong - Pontianak

Tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya, Kalimantan Barat juga memiliki sajian kuliner khas Ramadhan, yakni Sotong Pangkong. Sajian kuliner dengan bahan utama cumi ini umumnya disantap dengan bumbu kacang atau diolah dengan bumbu pedas manis.

Barongko - Makassar

Memiliki rasa manis dan gurih, Anda tidak boleh melewati Barongko sebagai hidangan berbuka puasa. Terbuat dari bahan-bahan seperti pisang, telur, santan, gula pasir, dan garam, sajian ini menjanjikan rasa yang dapat menggoyang lidah.

Kue Asidah - Maluku

Banyak kuliner khas Nusantara yang mendapatkan pengaruh dari negara lain. salah satunya adalah kue asidah dari Maluku. Kue yang disebutkan berasal dari Arab ini sering dijadikan sebagai takjil karena rasanya yang manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro