Presiden Joko Widodo, Kamis (18/3/2021). Bandara Toraja telah mendekatkan jarak tempuh. /ANTARA
Travel

Punya Bandara, Akses Darat ke Wisata Tana Toraja Cukup 30 Menit

Fatkhul Maskur
Kamis, 18 Maret 2021 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kini, akses menuju kawasan wisata Tana Toraja makin cepat dan mudah, menyusul diresmikannya Bandara Buntu Kunik Toraja oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (18/3/2021).

Kini, pelancong yang menggunakan pesawat cukup 30 menit menuju destinasi wisata. Sebelum ada bandara, wisatawan perlu waktu tempuh sekitar 9 jam dari Makassar ke Tana Toraja.

"Akses menuju ke sini bisa langsung, baik dari Makassar, Bali dan Jakarta, juga daerah lainnya," kata Presiden Jokowi seperti dikutip Antara. Selain meningkatkan konektivitas, Bandara Buntu Kunik Toraja diharapkan mempermudah wisatawan mengunjungi objek wisata di daerah itu.

Hadirnya bandara ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan daerah dan menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, serta memicu dan menghidupkan sentra-sentra ekonomi baru.

"Untuk mencapai suatu tempat yang termasyur dan indah sekali dan kita sudah membangun bandara ini, 2.000 meter, tetapi efektif baru digunakan 1.700 meter dengan lebar 30 meter dan insya Allah bisa menampung 45.000 orang dalam satu tahun," ujarnya.

Bandara Toraja telah mendekatkan jarak tempuh. Toraja pernah menjadi salah satu destinasi wisata terbaik kedua nasional setelah Bali, tetapi karena adanya isu akses, kemudian menjadikan Toraja kurang diminati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro