Wisatawan mengamati burung Pelikan saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (26/6). Pada libur Hari Raya Idulfitri 1438 H warga Jakarta dan sekitarnya memanfaatkannya untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata termasuk Taman Margasatwa Ragunan. ANTARA FOTO/Reno Esnir
Travel

Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi, ini Syarat Berkunjung

Laurensia Felise
Selasa, 16 Maret 2021 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan kini aktif kembali melayani pengunjung.

Kepala Satuan Unit Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan saat ini ada beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pengunjung agar berwisata lebih aman dan nyaman.

"Kami telah menyiapkan pelayanan yang memudahkan para pengunjung untuk tetap menjalani protokol kesehatan saat melihat aneka satwa," kata Ketut pada bisnis, Selasa (16/3/2021)

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengunjung Taman Margasatwa Ragunan:

1. Harus Mendaftar Online

Guna menghindari fenomena penumpukan jumlah pengunjung, pihak pengelola membatasi kuota kunjungan. Saat ini Taman Margasatwa Ragunan hanya menerima 50 persen jumlah kunjungan.

Maka dari itu pengunjung harus mendaftar atau mengantri secara online pada website bit.ly/PesantiketTMR. Pendaftaran ini minimal satu hari sebelum kunjungan. Ganti hari kunjungan bila pada hari tersebut gagal mendaftar. Hal itu dikarenakan kuota kunjungan pada hari tersebut telah penuh.

2. Memakai Jackcard

Setelah mendapat nomor pendaftaran, bawalah nomor tersebut pada hari kunjungan untuk menjadi bukti telah terdaftar. Gunakan kartu Jakcard yang telah terisi saldo yang cukup untuk tapping secara mandiri digate.

3. Mengikuti Protokol Kesehatan

Pihak Taman Margasatwa Ragunan telah menyiapkan petugas yang akan memeriksakan suhu tubuh pengunjung di pintu masuk. Apabila suhu tubuh lebih dari 37,5 ? tidak diizinkan masuk ke area TMR walaupun sudah mendaftar. Kemudian pengunjung haru cuci tangan pada tempat yang telah disediakan, terutama di pintu masuk.

Kemudian harus membersihkan alas kaki dengan keset desinfektan yang telah disediakan. Pengunjung harus menerapkan 3M.

4. Jam Operasional Berubah

Jam operasional Taman Margasatwa Ragunan dari pukul 07.00 wib - 14.30 wib. Hari masih sama yaitu setiap hari pada hari Selasa hingga Minggu, khusus Senin adalah libur satwa.

5. Jangan Menumpuk di Satu Tempat

Pengunjung yang sudah berada di dalam area diharapkan meengikuti arah tempuh yang ditetapkan oleh pihak Taman Margasatwa Ragunan. Hal tersebut untuk mencegah penumpukan di satu tempat, dan pengunjung diharapkan untuk selalu bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro