Kuliner Singapura/ ecosperity.sg
Kuliner

Singapura Kenalkan Cara Makan dan Masak Ramah Lingkungan pada Masyarakat

Luke Andaresta
Selasa, 16 Maret 2021 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari kita cukup beruntung karena dibebaskan dalam memilih apa yang akan kita makan setiap harinya. Padahal, apapun makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi dapat berdampak pada lingkungan.

Itulah sebabnya perusahaan investasi Singapura, Temasek, berfokus pada keberlanjutan pangan dan ketahanan pangan lokal dengan kampanye selama sebulan untuk menyoroti bagaimana pilihan makanan kita berdampak pada lingkungan.

Melansir dari Channel News Asia, kampanye #ARecipeForChange dibuat oleh salah satu platform utama Temasek, Ecosperity. Kampanye ini berfokus pada tiga hal utama yaitu hindari pemborosan makanan, beli produk lokal, dan pilih protein alternatif.

Menurut Badan Lingkungan Nasional, limbah makanan Singapura telah meningkat 20 persen selama 10 tahun terakhir, sehingga membebani sumber daya dan tempat pembuangan sampah. Kampanye #ARecipeForChange berharap konsumen di Singapura lebih sadar dan secara aktif mengurangi dampak lingkungan dari kebiasaan konsumsi makanan mereka.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa kegiatan yang akan digelar yaitu, selama bulan Maret, akan ada hidangan eksklusif yang ramah lingkungan dari 30 perusahaan F&B di 100 gerai. Konsumen dapat mengenal hidangan spesial seperti steak dan mash Italia milik Jamie, nasi kari khas Encik Tan dengan schnitzel nabati dan poke sambal matah barramundi Poke Theory.

Selain itu ada juga kompetisi video memasak dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan dan demo memasak langsung dengan beberapa nama terkemuka di kancah F&B Singapura untuk mempelajari cara menyiapkan resep yang menggabungkan rasa lokal, protein alternatif, dan ‘sisa makanan’ menjadi hidangan tanpa mengurangi rasa.

Ada juga lokakarya virtual yang dirancang untuk menginspirasi peserta dari segala usia untuk memasukkan kebiasaan makan berkelanjutan ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satunya adalah tur pertanian virtual untuk anak-anak.

Semua aktivitas itu dilakukan secara virtual dan gratis yang ditayangkan secara langsung di Facebook Live atau platform konferensi video. Tautan streaming akan tersedia di halaman facebook Ecosperity, satu minggu sebelum tanggal masing-masing acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro