Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Galeri Nasional Buka Tur Virtual Pekan Depan

Tur virtual ini akan diselenggarakan pada Rabu, 17 Maret 2021 pukul 10.00-11.30 WIB, melalui aplikasi Zoom. Ini merupakan kedua kalinya GNI menyelenggarakan kegiatan yang sama, namun sebelumnya tur virtual diselenggarakan dengan menggunakan teknologi yang berbeda serta peserta yang terbatas.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Maret 2021  |  14:23 WIB
Galeri Nasional - galerinasional.or.id
Galeri Nasional - galerinasional.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia (GNI) akan membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk menikmati Tur Virtual Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi video 360 derajat dan green screen.

Tur virtual ini akan diselenggarakan pada Rabu, 17 Maret 2021 pukul 10.00-11.30 WIB, melalui aplikasi Zoom. Ini merupakan kedua kalinya GNI menyelenggarakan kegiatan yang sama, namun sebelumnya tur virtual diselenggarakan dengan menggunakan teknologi yang berbeda serta peserta yang terbatas.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengatakan bahwa pameran virtual ini akan dipandu oleh Kurator Bayu Genia Krishbie dan Edukator Aola Romadhona. Tur virtual kali ini akan mengajak para peserta untuk menjelajahi ruang-ruang Pameran Tetap Koleksi GNI. Nantinya para pemandu tur akan tampak seolah-olah secara berada di dalam ruang Pameran Tetap secara langsung.

Pemandu lanjutnya akan menjelaskan konsep kurasi Pameran Tetap Koleksi GNI sekaligus pemaknaan karya-karya di dalam bingkai kurasi tersebut. Selama tur virtual, para peserta dapat menanyakan secara langsung untuk menggali informasi lebih dalam. ??Peserta cukup mengakses tautan linktr.ee/galnas untuk mengikuti pameran virtual tersebut.

Adapun Pameran Tetap Koleksi GNI kali ini disajikan melalui tiga pendekatan kuratorial. Pertama, monumen ingatan yang menampilkan karya-karya koleksi GNI yang dikontekstualisasikan dalam perkembangan sejarah nasional.

Kedua, Paris 1959 Jakarta 1995 yang menampilkan karya-karya koleksi internasional GNI dari dua peristiwa penting, yaitu hibah seniman-seniman dunia yang berbasis di Paris pada tahun 1959 melalui Atase Kebudayaan dan Pers saat itu, Ilen Surianegara, serta hibah dari seniman peserta Pameran Gerakan Non-Blok tahun 1995 di Jakarta.

Ketiga, Kode/D merupakan pameran tematik yang secara berkala memamerkan sejumlah koleksi dari 20 Tahun Akusisi Karya Seni Rupa oleh GNI dalam rentang tahun 1999-2019.

Pustanto berharap pameran ini dapat menjadi sebuah media alternatif yang mampu memberikan suguhan yang segar terkait pemanduan pameran seni rupa. Dengan kemasan baru yang belum pernah dilakukan GNI sebelumnya, tur virtual ini diharapkan dapat menarik minat publik, sekaligus membangkitkan semangat bagi publik untuk terus mencari informasi seputar seni rupa dan mengunjungi galeri seni rupa meski secara virtual.

“Tur virtual ini akan terus dilaksanakan secara rutin setiap bulan untuk memberikan kesempatan bagi publik yang beragam dengan cakupan lebih luas, agar dapat mengakses dan mendapatkan informasi tentang karya-karya serta tokoh-tokoh seni rupa Indonesia, khususnya dalam Pameran Tetap Koleksi GNI,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/3/2021)

“Semoga Tur Virtual Pameran Tetap Koleksi GNI ini menjadi preferensi bagi publik pecinta seni khususnya seni rupa, untuk mendapatkan informasi tentang seni rupa modern dan kontemporer Indonesia,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

galeri nasional virtual
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top