Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penuhi Kebutuhan Pelancong, KA Brawijaya Dioperasikan

KA Brawijaya relasi Gambir - Malang itu tidak akan melalui purwokerto - Yogyakarta, dan akan melalui jalur operasional dengan stasiun antara seperti Cirebon, Semarang dan Madiun
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  20:20 WIB
KA Brawijaya
KA Brawijaya

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang, dan berharap kebutuhan pelancong untuk melakukan perjalanan dapat terakomodir.

KA Brawijaya relasi Gambir - Malang itu tidak akan melalui purwokerto - Yogyakarta, dan akan melalui jalur operasional dengan stasiun antara seperti Cirebon, Semarang dan Madiun.

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan KA Brawijaya dengan jadwal keberangkatan pukul 15.40 WIB dari Stasiun Gambir, dan terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 400 kursi.

"Pada masa pandemi, untuk menjalankan protokol kesehatan maka terdapat pembatasan volume penumpang maksimal 70% dari total ketersediaan tempat duduk. Melalui kebijakan tersebut maka dimasa pandemi ini ketersediaan tempat duduk hanya sebanyak 280 kursi," katanya, Rabu (10/3/2021).

Dioperasikan pada masa pandemi, protokol kesehatan yang ketat pun perusahaan terapkan pada kereta api ini.

Adapun penerapan protokol kesehatan di dalam KA Brawijaya sama seperti KA lainnya yang beroperasi, seperti tempat duduk diatur tetap menjaga jarak, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan dengan sabun.

Di dalam KA Brawijaya juga terdapat ruang isolasi sementara di atas KA jika ditemukan penumpang dengan gejala Covid-19. Penumpang dengan gejala tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas di KA Brawijaya juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api turis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top