KA Brawijaya
Travel

Penuhi Kebutuhan Pelancong, KA Brawijaya Dioperasikan

Yudi Supriyanto
Rabu, 10 Maret 2021 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir-Malang, dan berharap kebutuhan pelancong untuk melakukan perjalanan dapat terakomodir.

KA Brawijaya relasi Gambir - Malang itu tidak akan melalui purwokerto - Yogyakarta, dan akan melalui jalur operasional dengan stasiun antara seperti Cirebon, Semarang dan Madiun.

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan KA Brawijaya dengan jadwal keberangkatan pukul 15.40 WIB dari Stasiun Gambir, dan terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 400 kursi.

"Pada masa pandemi, untuk menjalankan protokol kesehatan maka terdapat pembatasan volume penumpang maksimal 70% dari total ketersediaan tempat duduk. Melalui kebijakan tersebut maka dimasa pandemi ini ketersediaan tempat duduk hanya sebanyak 280 kursi," katanya, Rabu (10/3/2021).

Dioperasikan pada masa pandemi, protokol kesehatan yang ketat pun perusahaan terapkan pada kereta api ini.

Adapun penerapan protokol kesehatan di dalam KA Brawijaya sama seperti KA lainnya yang beroperasi, seperti tempat duduk diatur tetap menjaga jarak, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan dengan sabun.

Di dalam KA Brawijaya juga terdapat ruang isolasi sementara di atas KA jika ditemukan penumpang dengan gejala Covid-19. Penumpang dengan gejala tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas di KA Brawijaya juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro