Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Keindahan Pulau Bangka yang Sayang Dilewatkan

Hampir seluruh daerah memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh para pelancong. Termasuk di dalamnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  21:12 WIB
Tanjung Kalian
Tanjung Kalian

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia adalah negara yang kaya akan tujuan wisata, baik alam, budaya, sejarahnya, kuliner, dan sebagainya.

Hampir seluruh daerah memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh para pelancong. Termasuk di dalamnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dilansir dari Indonesia Travel, terdapat 2 pulau utama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Pulau Bangka terkenal akan kuliner khasnya yang menggugah selera dan keindahan pesisir pantai yang tidak ada duanya.

Pulau Bangka adalah destinasi wisata alam memesona yang wajib masuk daftar kunjungan. Berikut 10 tujuan wisata menarik yang ada di Pulau Bangka.

Senja di Tanjung Kalian

Keberadaan mercusuar di Pantai Tanjung Kalian membuat destinasi yang berjarak kurang lebih 9 km dari Kota Muntok ini menjadi salah satu spot terpopuler di Pulau Bangka.

Mercusuar tersebut dibangun oleh Belanda pada 1862, dan hingga kini masih beroperasi.

Pantai ini juga menyimpan banyak sejarah yang menarik, seperti bangkai kapal bekas Perang Dunia II di dekat pesisir pantainya.

Yang tak boleh ketinggalan juga adalah kuliner khas Muntok yang berada di sekitar Pantai Tanjung Kalian, di antaranya adalah otak-otak dan pempek kulit.

Pantai terpanjang, Pantai Matras

Pantai Matras memiliki hamparan pasir pantai putih yang memanjakan kaki dan terbentang luas seolah tak berujung karena pantai terpanjang di pulau ini.

Di sini, ada banyak kapal nelayan yang hilir mudik dan meramaikan suasana pantai. Ada pula deretan batu granit di bibir pantai yang bagus untuk latar foto saat berkunjung.

Air dan Ombak di Pantai Parai

Pantai Parai atau Pantai Parai Tenggiri termasuk salah satu pantai terbaik yang ada di Pulau Bangka.

Kata tenggiri di nama pantai ini berasal dari cerita nelayan yang dulu sering mendapat ikan tenggiri saat mencari ikan di sekitar Pantai Parai.

Namun kini sudah tidak ada lagi kegiatan mencari ikan di sini dan Pantai Parai seolah ‘pantai pribadi’ yang sunyi dan sepi.

Air laut sejernih kristal dengan batu granit yang cocok jadi pijakan saat mengelilingi pesisir pantai menjadi paket lengkap yang bikin momen wisata makin tak terlupakan.

Keunikan Pantai Batu Dinding

Di pantai ini terdapat batu yang sangat besar, dan menyerupai dinding. Ini lah yang membuat pantai ini dinamai Pantai Batu Dinding.

Ukuran batu itu sekitar 20 x 15 meter dengan ketebalan kurang lebih hingga 5 meter. Pantai Batu Dinding juga memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang. Tak jauh dari batu berbentuk dinding ini, terdapat batu lain yang menyerupai ikan pari dan juga kodok.

Agrowisata serba ada di Kebun Raya Bangka

Kebun Raya Bangka terletak di Jl. Raya Pasir Padi - Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan.

Kebun Raya ini merupakan pemanfaatan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir yang diubah menjadi kawasan agrowisata.

Ada banyak pilihan kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, antara lain menikmati perkebunan dengan berbagai jenis pohon dan tanaman, memancing di bagian perikanan, atau mengunjungi peternakan sapi di rumah kayu.

Hutan Wisata Bakau Munjang

Selain berfungsi sebagai penahan ombak dan penahan abrasi, hutan bakau bisa menjadi tempat wisata alam yang sejuk cocok untuk menenangkan pikiran, seperti yang ada di Hutan Wisata Bakau Munjang.

Anda bisa memilih dua cara untuk menjelajahi hutan bakau ini. Pertama, berjalan kaki di jalan setapak sepanjang 300 m. Kedua, naik speed boat dengan jarak tempuh 1,5 km.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat tambak udang dan kepiting yang bisa dipesan serta dimasak langsung untuk dinikmati di rumah makan di sekitar kawasan wisata hutan bakau.

Danau Ampar Red Hill Bangka

Tempat yang dulunya menjadi lahan pertambangan ini telah berubah menjadi spot cantik yang menjadi buruan wisatawan.

Lanskap alam yang elok dengan bebatuan bernuansa kemerahan serta danau berwarna biru kehijauan di tengahnya.

Bukit ini berada di Riding Panjang dan lebih dikenal dengan nama Danau Ampar. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pagi menjelang siang hari karena sinar matahari yang terik membuat pantulan cahaya air danau terlihat menjadi sangat cantik.

Bukit Pala

Dari atas bukit, Anda bisa menikmati indahnya langit dengan laut biru yang membentang luas bak lukisan.

Pepohonan hijau serta pasir putih di pesisir pantai juga akan menciptakan gradasi warna yang makin menarik. Ada juga gardu pandang berbentuk perahu dan sarang burung raksasa buat koleksi spot foto.

Pantai Tongaci

Berbeda dari kebanyakan pantai lain di Pulau Bangka, Pantai Tongaci memiliki pasir putih halus lengkap dengan penangkaran penyu.

Di sini, Anda bisa mengenal lebih dalam spesies penyu sisik dan penyu hijau yang berada di kolam-kolam kecil sebagai tempat penangkaran. Pantai Tongaci berada di Kecamatan Sungailiat tepatnya di Desa Pasir.

Pantai Penyusuk dan hamparan batu granit

Salah satu daya tarik yang paling memikat dari Pantai Penyusuk ini adalah keberadaan batu granit yang ada di sepanjang garis pantainya.

Di sepanjang pantai ini tersebar bebatuan granit besar yang cocok jadi spot foto instagenic.

Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih ciamik, maka tersedia perahu nelayan yang bisa disewa untuk menyebrang ke Pulau Lampu dan Pulau Putri Bangka yang berada tidak jauh dari Pantai Penyusuk.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata bangka
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top