Kereta Vintage/Instagram Sahabat Kereta
Travel

Wah, Ada Lokomotif KAI Pakai Livery Vintage, Begini Penampakannya

Rezha Hadyan
Rabu, 24 Februari 2021 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pecinta kereta api atau railfans di Tanah Air dihebohkan dengan hadirnya lokomotif milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menggunakan livery lama era Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Lokomotif yang dimaksud adalah CC 201 dengan nomor registrasi CC 2018331 (d/h CC 201 69). Lokomotif tersebut terlihat menggunakan pola warna krem dan hijau yang digunakan sepanjang 1955 hingga awal 1990-an.

Keberadaan lokomotif CC 2018331 dengan livery lama diketahui pertama kali pada Selasa (23/2/2021). Saat itu, lokomotif tersebut keluar dari Balai Yasa Pengok, Yogyakarta untuk ujicoba pasca perawatan rutin.

Lokomotif tersebut dirangkai dengan rangkaian milik kereta api Kahuripan dan melakukan uji jalan dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta ke Stasiun Purwosari Solo pulang pergi.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan bahwa saat ini hanya ada satu lokomotif CC 201 yang menggunakan livery lama.

"Betul, saat ini hanya ada satu lokomotif yang menggunakan livery vintage tersebut. Untuk gerbong atau keretanya belum. Sudah dilakukan uji coba di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya," katanya kepada Bisnis pada Rabu (24/2/2021).

Wah, Ada Lokomotif KAI Pakai Livery Vintage, Begini Penampakannya

Joni tak menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana selanjutnya dari KAI terkait dengan hadirnya lokomotif tersebut. Namun yang jelas, apa yang dilakukan oleh KAI sebelumnya juga dilakukan oleh PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero).

Maskapai penerbangan plat merah itu mewarnai beberapa pesawat terbarunya dengan livery yang digunakan di era 1960-an dan 1970-an.

"Lokomotif tersebut saat ini kembali masuk ke Balai Yasa Yogyakarta karena masih dalam masa perawatan," tutup Joni.

Sebagai catatan, lokomotif CC 201 adalah lokomotif diesel elektrik milik KAI yang diproduksi oleh General Electric Transportation dengan jenis model U18C. Lokomotif CC 201 mempunyai konstruksi yang ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 hp.

Lokomotif ini memiliki susunan gandar Co'Co', yang berarti lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar dengan total 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.

Lokomotif yang dipesan oleh KAI sepanjang 1976-1992 ini sama seperti lokomotif GE lainnya, mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro