New Zealand Airlines
Travel

Maskapai Air New Zealand Akan Uji Coba Paspor Vaksin Covid-19

Yudi Supriyanto
Selasa, 23 Februari 2021 - 16:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai Air New Zealand akan menguji paspor vaksin digital pada April di rute penerbangan antara Auckland dan Sydney.

Dilansir dari The Guardian, beberapa perusahaan teknologi telah bekerja dengan Organisasi Kesehatan Dunia untuk mengembangkan sistem pencatatan vaksinasi digital yang aman yang dapat digunakan untuk membuktikan kepada maskapai penerbangan dan pemerintah bahwa penumpang telah memiliki vaksin Covid.

Salah satu aplikasi tersebut, Travel Pass, yang dikembangkan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional, dan akan diujicobakan oleh Air New Zealand mulai April untuk merampingkan proses verifikasi kesehatan untuk membantu pelanggan mengetahui apa yang mereka butuhkan untuk melakukan perjalanan internasional berikutnya dengan aman.

Ketika seseorang divaksinasi atau diuji, pusat medis atau lab dapat mengirimkan informasi tersebut dengan aman ke aplikasi, yang kemudian dapat diperiksa silang dengan persyaratan perjalanan untuk negara yang mereka coba kunjungi. 

Dengan izin pelanggan, informasi kesehatan ini kemudian dapat dibagikan dengan maskapai penerbangan atau pengawas perbatasan untuk memverifikasi bahwa mereka memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan.

Maskapai ini masih melakukan pembicaraan dengan pemerintah tentang mengintegrasikan aplikasi ke dalam prosedur vaksinasi dan pengujian.

Selain itu, maskapai Qantas juga sedang mempelajari sejumlah aplikasi paspor vaksinasi tetapi belum membuat pengumuman resmi. 

Kepala eksekutif maskapai Australia, Alan Joyce, sebelumnya menyatakan akan mempertimbangkan untuk menjadikan vaksinasi Covid sebagai persyaratan untuk perjalanan internasional di pesawatnya.

Departemen Kesehatan Australia mengatakan pihaknya menantikan untuk meninjau hasil uji coba Air New Zealand.

“Pemerintah Australia mendukung cara-cara untuk memastikan keamanan komunitas Australia melalui pengumpulan dan verifikasi data pelancong yang efisien sambil tetap mematuhi ketentuan privasi yang ketat,” katanya.

Aplikasi serupa, Health Pass by company Clear, telah digunakan di beberapa bandara AS untuk mengatur perjalanan.

Air New Zealand mengatakan paspor digital tidak menggunakan "database pusat yang menyimpan informasi pribadi".

"Privasi pelanggan adalah inti dari desain ... alih-alih dibagikan atas kebijaksanaan pelancong, dengan cara yang aman dan terlindungi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Tidak jelas seberapa berguna uji coba ini, kecuali travel bubble timbal balik antara kedua negara terjadi pada April. Selain itu, pemerintah memperkirakan hanya satu dari enam warga Australia yang akan divaksinasi pada saat itu.

Chief digital officer Air New Zealand Jennifer Sepull mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan memberikan ketenangan kepada pelanggan bahwa mereka memenuhi semua persyaratan perjalanan untuk berbagai negara di seluruh dunia bahkan sebelum mereka tiba di bandara.

"Begitu perbatasan dibuka kembali, perjalanan akan terlihat sangat berbeda," katanya dalam sebuah pernyataan.

“Meyakinkan pelanggan bahwa perjalanan sebenarnya aman adalah salah satu prioritas kami. Dengan menggunakan aplikasi, pelanggan dapat yakin bahwa semua orang di dalamnya memenuhi persyaratan kesehatan pemerintah yang sama dengan mereka," tambahnya.

Senior VP Airport IATA Nick Careen mengatakan dia berharap aplikasi tersebut akan memungkinkan kedua negara untuk mengurangi pembatasan perbatasan internasional lebih cepat.

[Uji coba] akan membantu memberikan kepercayaan kepada pemerintah untuk membuka kembali perbatasan dan kepercayaan penumpang untuk bepergian,” katanya.

“Aplikasi ini telah dikembangkan dengan tingkat privasi dan keamanan data tertinggi… dan pemerintah dapat yakin bahwa penumpang yang 'OK untuk bepergian' sepenuhnya mematuhi persyaratan perjalanan Covid-19.” tambahnya.

Uji coba akan dimulai setelah aplikasi diluncurkan untuk penggunaan publik pada April, dan akan berjalan selama tiga minggu. 

Air NewZealand mengatakan awak pesawat dan pelanggan akan diundang untuk mengunduh paspor digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro