KM Kelud mempunyai kapasitas 2000 penumpang. Rute A : Tg. Priok - Pulau Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan (PP). Rute B : Tg. Priok - Kijang - Pulau Batam - Belawan (PP). /Antara
Travel

Mau Coba, Virtual Tour on Board Pelni? Segini Biayanya

Anitana Widya Puspa
Rabu, 17 Februari 2021 - 21:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT PELNI mengadakan Virtual Tour on Board perdana pada 2021.

Manager Humas Kelembagaan dan CSR PT PELNI Idayu Adi Rahajeng berharap kegiatan virtual tour on board dapat dimanfaatkan para orang tua untuk mengenalkan Wawasan Maritim Nusantara kepada anak-anaknya.

"Melihat antusiasme banyak pihak pada 2020 lalu, kami semakin semangat dengan menghadirkan kembali virtual tour di tahun 2021 ini. Banyak kejutan dan aktivitas baru yang akan kami hadirkan di virtual tour perdana tahun ini," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (17/2/2021).

Pada 2020, Idayu menambahkan PT PELNI telah lima kali menggelar virtual tour on Board. Beragam kalangan yang antusias mengikuti program ini tidak hanya dari kelompok masyarakat umum tetapi juga diikuti oleh kelompok akademik, pelaku wisata hingga Pemerintah.

"Saat kami menggelar virtual tour di Pulau Buru, respon pemerintah lokal berharap aktivitas seperti yang kami lakukan dapat mengangkat geliat ekonomi pariwisata setempat," terang Idayu.

Sebagai informasi, KM Kelud adalah satu dari 26 kapal penumpang milik PT PELNI yang memiliki kapasitas penumpang 2000 pax. Rute pelayaran KM Kelud saat ini adalah Tg. Priok - Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan - Tg. Balai Karimun - Batam - Tg. Priok.

Kegiatan virtual tour on board kali ini digelar bersamaan dengan lomba menggambar untuk anak-anak usia 7-12 tahun dengan tema “Aku Ingin Berlayar”. Pendaftaran untuk kegiatan ini dikenakan Rp30.000,- per orang. Dia menambahkan dengan biaya yang terjangkau ini, peserta tentunya dapat berkeliling KM Kelud bersama Nakhoda dan mengikuti lomba menggambar. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi ajang pembelajaran mengenai kapal dan dunia maritim bagi anak-anak dengan menyenangkan.

Kriteria penilaian lomba menggambar untuk anak tersebut adalah keserasian dengan tema, kreativitas, komposisi warna, kerapian detail dan pewarnaan, serta kebersihan. PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 8 trayek tol laut serta 1 kapal khusus ternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro