Keindahan Danau Toba di Sumatra Utara/Antara
Travel

Menikmati Destinasi Ekowisata di Sumut

Yudi Supriyanto
Selasa, 16 Februari 2021 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kesadaran individu dalam menjaga lingkungan kian mengalami peningkatan, termasuk ke sektor wisata.

Kesadaran itu membuat wisata ramah lingkungan menjadi tren dan perlu terus mendapatkan dukungan mengingat dampaknya terhadap keberlanjutan lingkungan.

Dilansir dari Indonesia Travel, berikut sejumlah tujuan ekowisata yang dapat Anda nikmati di Sumatra Utara, rumah bagi orangutan dan tempat di mana danau vulkanik terbesar di dunia berada.

1. Mengunjungi spesies yang terancam punah di Taman Nasional Gunung Leuser

Saat ini di Sumatra Utara terdapat satu-satunya habitat badak, gajah, dan orangutan tinggal bersama. Ketiga spesies hewan tersebut tinggal di Taman Nasional Gunung Leuser bersama sekitar 750 spesies hewan dan sekitar 10.000 spesies tumbuhan lainnya.

Taman Nasional ini adalah salah satu tempat di dunia yang dapat Anda kunjungi untuk melihat orangutan secara langsung. Di sini, Anda berkesempatan menikmati hutan hujan pegunungan yang rimbun tanpa mengganggu satwa liar yang hidup di dalamnya.

Selain itu, dengan menjelajahi keanekaragaman hayati di Taman Nasional ini, Anda pun turut mendukung komunitas lokal dan organisasi konservasi yang bekerja melindungi ratusan spesies flora dan fauna di sini.

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser

2. Trekking ke kawah Gunung Sibayak

Terkenal dengan asap belerang yang beruap dan matahari terbitnya yang berwarna keemasan, Gunung Sibayak, sebuah gunung berapi di Sumatra Utara, menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas trekking yang bertanggung jawab (responsible trekking).

Anda yang gemar bertualang  dapat memulai perjalanan dari dua titik, yakni sebelah barat laut Berastagi atau dari dasar Gunung Sibayak.

Dari sana, Anda dapat menjelajahi panorama air terjun dan kemudian melakukan perjalanan ke hutan eksotis.

Sesampainya di puncak, awan dan asap belerang yang keluar dari lubang ventilasi gunung berapi dapat Anda lihat. Jika cuaca sedang cerah, maka Anda pun dapat melihat pemandangan Gunung Sinabung.

Pastikan untuk mengemas kebutuhan ekowisata yang dibutuhkan seperti botol air yang dapat digunakan kembali, peralatan makan, makanan, minuman, dan pakaian hangat. Agar tidak tersesat, terutama karena perubahan cuaca yang tiba-tiba, ada baiknya untuk menggunakan jasa pemandu wisata di sana.

gunung sibayak
gunung sibayak

3. Mencicipi kopi lokal di Berastagi

Berkat tanahnya yang subur dan cuaca tropisnya yang hangat, Sumatera Utara mampu menghasilkan biji kopi terbaik dunia.

Produksi kopi di daerah Berastagi, dekat Danau Toba, dimulai pada 1884 dan terus berkembang pesat hingga saat ini.

Berkat kekayaan rasanya, kopi asal Sumatera pun dijadikan salah satu dasar campuran kopi di salah satu tempat minum kopi terkenal. Di sini, Anda dapat mengikuti tur kopi di dekat Danau Toba – menikmati secangkir kopi lokal sambil mempelajari proses produksinya.

4. Temukan rafflesia raksasa di Bukit Lawang

Rafflesia arnoldi adalah bunga terbesar di dunia, dan Anda dapat menjumpainya di Bukit Lawang — sebuah obyek wisata yang luas di tepi Taman Nasional Gunung Leuser.

Jika beruntung, maka Anda dapat berkesempatan melihat bunga raksasa ini mekar pada saat perjalanan ekowisata di sekitar area tersebut.

5. Jelajahi Danau Toba yang Memesona

Perjalanan ekowisata ke Sumatra Utara belum lengkap jika belum mengunjungi Danau Toba. Memiliki luas permukaan sekitar 1.145 km2 dan kedalaman sekitar 450 meter, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia.

Lebih dari sekadar tujuan wisata, Danau Toba mampu menawarkan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan pengalaman budaya yang tak terlupakan.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan yang menawan sambil bersantai di pemandian air panas Sipoholon serta dapat belajar tentang budaya kuno daerah di Pulau Samosir, yang terletak di tengah danau.

danau toba
danau toba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro