Petani memetik biji kopi arabika di perkebunan kopi kawasan Kampung Batu Lonceng, Desa Suntenjaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. /Bisnis.com
Kuliner

4 Kopi Asal Indonesia Diuji Rasa di Finlandia, Arabika Gayo Bembeng Family Paling Disukai

Yudi Supriyanto
Selasa, 16 Februari 2021 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--KBRI Helsinki bekerja sama dengan Mokkamestarit menyelenggarakan uji rasa (coffee tasting) berbagai kopi asal Indonesia sebagai bagian untuk memperkenalkan berbagai jenis kopi specialty Indonesia single origin.

Saat ini, konsumsi kopi di Finlandia mencapai rata-rata 14 kg per orang dalam satu tahun.

Ratu Silvy Gayatri, Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, mengungkapkan kopi asal Indonesia yang diuji rasakan adalah Arabika Gayo Bembeng Family produksi Koperasi Ketiara Aceh, Arabika Umang Super produksi Koperasi Ketiara Aceh, ava Black Honey Preanger dari Koperasi Produsen Kopi Margamulya Jawa Barat, dan Arabika Solok Wet Hull Sumatra produksi Roastery Libertad Union Jakarta.

"Hasilnya, Arabika Gayo Bembeng Family adalah kopi yang paling disukai karena memiliki rasa yang fruity, memiliki tingkat keasaman tinggi dan good mouth feel," katanya dalam laman Kemenlu, Selasa (16/2/2021).

Uji rasa ini dilakukan dengan 2 (dua) alat seduh manual, yaitu Chemex dan Filter Kopi, serta melibatkan para ahli kopi dan pemilik Mokkamestarit, Reija Paakinen dan Mika Hannuniemi.

Mokkamestarit adalah salah satu specialty coffee roastery yang tertua dan terbesar di Finlandia sehingga sudah sangat memahami selera pasar Finlandia. Mokkamestarit saat ini menjual Kopi Arabika Gayo Indonesia dalam koleksi specialty kopinya.

Ratu menekankan penting bagi Indonesia mempromosikan berbagai kopi Indonesia yang disesuaikan dengan cita rasa lokal serta memenuhi standar dan nilai-nilai sosial seperti pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat terutama wanita (women empowerment), serta pelestarian lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro