Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Aman Menginap di Hotel Selama Pandemi Virus Corona

Memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun menjadi kegitan yang wajib dilakukan selama pandemi, khususnya saat mengunjungi hotel.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  17:17 WIB
Hotel Niagara Parapat menetapkan protokol kesehatan yang ketat saat melayani tamu. - Niagara Lake Toba
Hotel Niagara Parapat menetapkan protokol kesehatan yang ketat saat melayani tamu. - Niagara Lake Toba

Bisnis.com, MEDAN - Protokol kesehatan menjadi penting saat staycation atau menginap di hotel, agar terhindar dari virus corona (Covid-19) selama pandemi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga telah menyosialisasikan panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE) dalam kegiatan pertemuan, insentif konvensi, dan pameran (MICE). Salah satu panduan yang disosialisasikan adalah panduan khusus tata cara menginap di hotel.

"Untuk tamu hotel, sekurang-kurangnya memakai masker atau face shield dan selalu menerapkan jaga jarak aman minimal satu meter," kata Trainer dari Kemenparekraf Aldo Lendy Sumolang dalam paparan Panduan CHSE penyelenggaraan MICE di Hotel Niagara Parapat, Selasa (16/2/2021).

Dia menuturkan bahwa rutin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer wajib dilakukan selama di hotel, dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan hotel.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas hotel, seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran, katanya, pastikan melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada petugas hotel agar kebersihan tetap terjaga.

Panduan juga berlaku untuk karyawan dan pengelola hotel, agar terhindar dari paparan covid-19, karyawan hotel diminta melakukan desinfeksi peralatan secara berkala. Selain itu, jangan lupa memberikan konfirmasi pihak manajemen hotel bila menemukan tamu yang mengalami gejala virus  corona (Covid-19).

Selain itu, pengunjung juga wajib mematuhi standar operasional prosedur (SOP) di hotel, dan mengikuti proses simulasi penanganan bencana alam, kebakaran, dan penanganan kejadian Covid-19.

Ada juga  beberapa panduan khusus CHSE bagi pengelola hotel yakni mengadakan pelatihan penerapan protokol kesehatan bagi karyawannya, meminta karyawan yang mengalami gejala covid-19 tidak bekerja dan mengisi formulir self assessment risiko Covid-19 sebelum masuk kerja kembali, serta meminta setiap orang yang memasuki hotel memakai masker.

Kemenparekraf telah menyediakan sertifikasi CHSE bagi pala pelaku industri pariwisata. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pelaku industri wisata telah menerapkan standar protokol kesehatan sesuai panduan dari Kemenparekraf.

Menurut Aldo, secara psikologis, sertifikat ini bisa menunjang kepercayaan calon pengunjung hotel.

"Sebagai orang awam, saat berkunjung ke hotel atau ke restoran kalau saya lihat ada terpampang sertifikat kepercayaan saya untuk membawa keluarga pasti akan berkelanjutan, dibandingkan dengan tidak melihat itu (sertifikat)," imbuh Aldo.

Para pengelola hotel dapat mendaftarkan diri dalam program sertifikasi CHSE Indonesia Care secara gratis melalui link  https://chse.kemenparekraf.go.id/.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel sertifikasi tips travel Protokol Pencegahan Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top