Ilustrasi staycation/Istimewa
Travel

Long Weekend, Ini Tips Aman Staycation di Masa Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Februari 2021 - 18:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan ini, akan menjadi long weekend, dimana mungkin sebagian orang ingin berlibur bersama keluarganya.

Meski tidak keluar kota, mungkin ada banyak orang yang ingin menghabiskan long weekend dengan staycation.

Agar staycation Anda lancar dan sehat di masa pandemi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama liburan. Berikut tipsnya dikutip dari Indonesia.travel.id:

1. Cara Check-in Hotel

Setibanya di hotel, pihak manajemen hotel sudah menyiapkan beberapa tahapan yang berkaitan dengan protokol kesehatan untuk semua pengunjung hotel.

Beberapa tahap yang harus dilalui diantaranya pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer  saat masuk ke dalam hotel, dan juga mewajibkan seluruh pengunjung hotel untuk menggunakan masker. Jika suhu tubuh normal, sebelum check-in Anda diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran dan deklarasi perjalanan.

Namun, jika suhu tubuh diatas 37.3 derajat celcius, tamu hotel disarankan untuk segera mencari pertolongan medis dan mendapatkan izin medis sebelum check-in di hotel. Pihak manajemen hotel juga menerapkan untuk selalu  jaga jarak apabila ada antrian saat Anda melakukan check-in.

2. Cara Memesan Makanan di Hotel

Walaupun beberapa hotel sudah mengijinkan pengunjung untuk menikmati makanan di restoran hotel dengan standar operasional prosedur yang khusus dibuat untuk pengunjung hotel saat kenormalan baru, Anda  tetap bisa memesan makanan untuk dinikmati di kamar hotel.

Pihak hotel pasti sudah menyiapkan menu khusus untuk disantap oleh Anda  di kamar saja. Selain lebih aman, menikmati sajian makanan di kamar juga terasa lebih bebas dan nyaman. Biasanya untuk memesan makanan, Anda  bisa hubungi ke bagian restoran hotel atau pada layanan kamar.    

3. Ekstra Menjaga Kebersihan Diri

Staycation memang bisa bikin pikiran jadi lebih santai karena dukungan suasana yang baru. Perasaan bosan bisa lenyap seketika saat membuka jendela kamar hotel dengan hamparan pemandangan yang berbeda dari suasana di rumah.

Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi, ya. Tetap lengkapi diri dengan membawa masker, hand sanitizer dan selalu jaga jarak kalau Anda  mau ke luar dari kamar hotel. Saat masuk kembali ke dalam kamar, jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

4. Terapkan Protokol di Layanan Transportasi

Jika Anda  harus banget keluar untuk keperluan tertentu, seperti membeli kebutuhan atau tarik tunai di ATM dengan menggunakan transportasi dari hotel, jangan pernah lalai dengan protokol kesehatan, ya. Selalu gunakan masker dan lengkapi diri dengan hand sanitizer.  Karena menjaga kesehatan pribadi sama artinya dengan menjaga kesehatan orang lain, lho.

5. Kenormalan Baru Secara Umum Selama Menginap

Saat Anda  memilih staycation di hotel, berarti sobat pesona harus memahami dan menjalankan setiap peraturan dan protokol kesehatan yang menjadi kebijakan hotel.

Umumnya, pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dan juga menjaga jarak, menjadi kebijakan yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung hotel. 

Pengunjung hotel pun diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri selama berada di dalam kawasan hotel. Jadi, sebaiknya Anda  membawa tambahan persiapan masker, hand sanitizer atau mungkin bawa face shield sebelum menginap di hotel. Saat berada di hotel, hindari melakukan pertemuan dan berkumpul dengan banyak orang, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro