Istana Maimun
Travel

6 Destinasi Wisata Sejarah di Medan yang Instagrammable

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 5 Februari 2021 - 17:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda berniat traveling dengan menelusuri sejarah, maka Medan bisa menjadi salah satu tujuan yang bisa menjadi pilihan. 

Di tempat itu, Anda bisa berburu spot foto ciamik sekaligus menambah wawasan tentang kekayaan budaya yang tersimpan di Kota Medan.

Berikut ini deretan wisata sejarah instagrammable yang ada di Kota Medan seperti dilansir dari Travel Indonesia.go.id

1.Maha Vihara Maitreya

Destinasi wisata sejarah yang pertama dan wajib banget dikunjungi ialah Maha Vihara Maitreya. Arsitektur bangunan ini berciri khas oriental klasik dengan sentuhan modern yang mewah. Nggak hanya itu, Maha Vihara Maitreya juga merupakan wihara terbesar di Kota Medan dan salah satu terbesar di Asia Tenggara lho, Sobat Pesona!

Di sini, Anda bisa berkeliling melihat bangunan wihara yang megah dan dilengkapi banyak fasilitas serta spot foto instagrammable. Di dekat wihara juga terdapat kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan dengan harga terjangkau, lho.

2. Kuil Shri Mariamman

Wisata sejarah selanjutnya adalah Kuil Shri Mariamman, sebuah kuil Hindu tertua yang ada di Kota Medan yang telah dibangun sejak 1884. Dari luar, kuil ini sudah terlihat menarik berkat warna-warni relief dan patung-patung yang ada di sekitarnya. Sobat Pesona dijamin akan terpukau dengan keindahan dinding, langit-langit, sampai ornamen yang didominasi pewarnaan yang unik.

Mulai dari bagian pintu masuk, bagian dalam, hingga pekarangannya, Kuil Shri Mariamman tampak instagenic dan cocok jadi spot foto yang kece banget!

3. Graha Maria Annai Velangkanni

Saat melihat Graha Maria Annai Velangkanni, Sobat Pesona mungkin akan mengira bahwa  bangunan ini adalah sebuah kuil tempat ibadah umat Hindu. Namun ternyata Graha Maria Annai Velangkanni merupakan gereja, lho. Ya, bangunan ini merupakan saksi sejarah panjang umat Katolik India Tamil di Medan pada akhir abad 19.

Bangunannya memiliki arsitektur yang unik dan sangat megah. Jika diabadikan dari kejauhan, bangunan Graha Maria Annai Velangkanni akan terlihat sangat cantik nan instagrammable. Saat malam hari, Graha Maria Annai Velangkanni dihiasi lampu warna-warni yang instagenic abis.

4. Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan pengusaha sukses asal Tiongkok. Beliau mengelola bidang perkebunan yang berkembang pesat di Sumatra. Rumah Tjong A Fie sendiri terletak di kawasan kota tua Medan yang memiliki arsitektur ala Eropa dan campuran desain Tiongkok. Destinasi wisata sejarah ini juga punya sebutan lain, seperti Kediaman Tjong A Fie, Museum Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion.

Begitu sampai di sini, Sobat Pesona siap-siap terkesima saat memasuki rumah saudagar Tiongkok dengan perabotan dan setiap sudut yang masih terawat dengan sangat baik ini. Halaman yang luas, ruang tamu, ruang rapat, hingga tempat beribadah mendiang Tjong A Fie tertata rapi dan instagrammable!

5. Masjid Raya Al Mashun

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Medan ini merupakan saksi bisu atas sejarah kehebatan Suku Melayu di Kesultanan Deli pada kepemimpinan Sultan ke-9, Sultan Ma'mun Al Rashid. Masjid Raya Al Mashun dibangun sejak tahun 1906 dan berhasil rampung di tahun 1909 dengan bahan bangunan yang diimpor langsung dari negara penghasil terbaiknya, seperti marmer dari Italia dan Jerman, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung dari Prancis.

Campuran desain arsitektur Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah sukses menyulap Masjid Raya Al Mashun menjadi sangat instagrammable di setiap sudutnya. Yang paling pantang dilewatkan adalah bagian utama gerbang masuk dan tangga megah di bagian dalam masjid nih, Sobat Pesona!

6. Istana Maimun

Ketika sampai di Istana Maimun, Sobat Pesona akan takjub dengan betapa indahnya bangunan yang didominasi warna kuning ini. Hamparan rumput hijau luas siap menyapa dengan iringan para pemusik yang melantunkan irama khas Melayu yang memanjakan telinga. Terdapat banyak barang-barang antik peninggalan Sultan, hadiah kerajaan, hingga perhiasan mewah. Menjelajahi setiap bangunan Istana Maimun dijamin akan membuatmu masuk ke lorong waktu di masa kejayaan Kesultanan Deli nih, Sobat Pesona.

Pekarangan yang luas dan desain sisi bangunan yang terdiri dari bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri, dapat menjadi salah satu spot foto terbaik yang wajib diabadikan saat jalan-jalan ke Medan. Sobat Pesona juga bisa menyewa pakaian adat khas Kesultanan Deli dan mengabadikan momen bak bangsawan di Istana Maimun ini, lho!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro