Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bertahan di Tengah Pandemi, Kereta Shinkansen Disulap Menjadi Tempat Kerja

Perusahaan Kereta Jepang Timur atau East Japan Railway (JR East ) telah meluncurkan proyek percontohan itu pada Senin (1/02/2021).
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  13:10 WIB
Kereta Shinkansen
Kereta Shinkansen

Bisnis.com, JAKARTA - Operator kereta peluru shinkansen di Jepang mengalokasikan sejumlah gerbong bagi penumpang yang bekerja jarak jauh. Perusahaan itu berharap hal itu akan meningkatkan permintaan di tengah pandemi virus corona.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (2/2/2021), Perusahaan Kereta Jepang Timur atau East Japan Railway (JR East ) telah meluncurkan proyek percontohan itu pada Senin (1/02/2021).

Para penumpang Tohoku Shinkansen dapat berbicara dengan telepon seluler dan melakukan telekonferensi dengan laptop di gerbong khusus. Model komunikasi seperti itu biasanya tidak disukai di dalam kereta peluru di Jepang kecuali dilakukan di area yang ditentukan.

Perusahaan itu menyediakan teknologi peredam suara agar tidak ada percakapan yang bocor. Selain itu juga menyediakan Wi-Fi gratis.

Sejumlah kereta peluru akan menyediakan satu gerbong khusus bagi penumpang yang bekerja jarak jauh selama hari kerja hingga 26 Februari tanpa biaya tambahan.

Jumlah penumpang kereta shinkansen milik JR East turun 60 persen pada Desember lalu dibandingkan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Sebelum memperkenalkan kereta cepat untuk bekerja jarak jauh, pada 2020 JR East sempat berinovasi lewat angkutan hasil laut untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mencoba meraih kembali sejumlah pemasukan yang hilang, perusahaan kereta JR East mulai mengangkut produk laut ke ibu kota dari Kota Ishinomaki, Jepang timur laut. Para nelayan mengatakan layanan baru itu sangat lebih cepat dibandingkan truk dan artinya restoran di pusat Tokyo dapat memperoleh produk laut dalam kondisi yang lebih segar.

Kemudian pada akhir Agustus 2020, sebuah kereta peluru Shinkansen Tohoku melaju dari Sendai ke Tokyo dengan sejumlah penumpang yang tak biasa. Hewan laut sea squirts atau semprot laut, tiram, dan produk laut lainnya memenuhi kursi di gerbong-gerbong yang biasanya dipadati dengan orang-orang yang berlibur di musim panas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang kereta api pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top