Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inggris Buka Jalur Visa Khusus bagi Warga Hong Kong untuk jadi Warga Negara

Langkah itu dilakukan ketika China dan Hong Kong mengatakan mereka tidak akan lagi mengakui paspor British National Overseas (BNO) sebagai dokumen perjalanan yang valid mulai Minggu, 31 Januari.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Januari 2021  |  10:24 WIB
Residensial vertikal di Chelsea, London, Inggris./Chris Ratcliffe - Bloomberg
Residensial vertikal di Chelsea, London, Inggris./Chris Ratcliffe - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -  Penduduk Hong Kong dapat mengajukan permohonan mulai Minggu (31 Januari) untuk mendapatkan visa baru yang menawarkan mereka kesempatan untuk menjadi warga negara Inggris.

Kebijakan ini muncul setelah penerapan undang-undang keamanan nasional oleh Beijing di pusat keuangan Asia tahun lalu.

Langkah itu dilakukan ketika China dan Hong Kong mengatakan mereka tidak akan lagi mengakui paspor British National Overseas (BNO) sebagai dokumen perjalanan yang valid mulai Minggu, 31 Januari.

"Kami menghormati ikatan mendalam sejarah dan persahabatan kami dengan rakyat Hong Kong, dan kami membela kebebasan dan otonomi," Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan tentang skema tersebut minggu ini dilansir dari Channel News Asia.

Pemerintah Inggris memperkirakan visa baru dapat menarik lebih dari 300.000 orang Hong Kong yang akan menjadi warga negara Inggris. 

Skema tersebut, yang pertama kali diumumkan tahun lalu, memungkinkan mereka yang berstatus BNO untuk tinggal, belajar dan bekerja di Inggris selama lima tahun dan akhirnya mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Paspor BNO akan tersedia untuk sekitar 70 persen dari 7,5 juta penduduk Hong Kong.

Aplikasi untuk paspor BNO telah meroket lebih dari 300 persen sejak undang-undang keamanan nasional diberlakukan Juli lalu, dengan 733.000 pemegang terdaftar pada pertengahan Januari.

Inggris memperkirakan hingga 154.000 warga Hong Kong dapat tiba selama tahun depan dan sebanyak 322.000 selama lima tahun, membawa perkiraan "keuntungan bersih" hingga £2,9 miliar (US$4 miliar).

Paspor BN (O) adalah warisan kembalinya Hong Kong ke Tiongkok yang otoriter.

Banyak warga Hong Kong pada saat itu ingin Inggris memberi mereka kewarganegaraan penuh, tetapi China menentang langkah itu.

BN (O) adalah kompromi, yang memungkinkan warga Hong Kong yang lahir sebelum 1997 hak untuk tinggal di Inggris selama enam bulan pada satu waktu, tetapi tanpa hak bekerja atau menetap.

Sekarang ini telah menjadi salah satu dari sedikit jalan keluar bagi warga Hong Kong yang berharap untuk memulai kehidupan baru di luar negeri karena pihak berwenang melakukan penangkapan massal terhadap pendukung demokrasi dan bergerak untuk membersihkan kota yang gelisah dari pandangan yang tidak setuju.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris hong kong
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top