Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tips dan Trik Traveling Murah

Sepanjang setahun lebih, traveling menjadi hal yang sama sekali ditinggalkan untuk menghindari penularan covid-19.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Januari 2021  |  15:05 WIB
Ilustrasi - Indiatourism
Ilustrasi - Indiatourism

Bisnis.com, JAKARTA - Usai pandemi corona berakhir, pastinya akan ada banyak orang yang ingin segera liburan dan traveling ke wisata lokal atau mancanegara.

Sepanjang setahun lebih, traveling menjadi hal yang sama sekali ditinggalkan untuk menghindari penularan covid-19.

Jika Anda salah satu dari orang yang ingin traveling, namun memiliki bujet minim, berikut tips dan trik untuk traveling dengan harga murah:

1. Pilih periode low season


Jangan liburan saat peak season, karena biaya dan harga tiket pesawat hingga hotel akan melambung.

Pilihlah momen sepi orang liburan, sehingga ada lebih banyak kemungkinan variasi dan harga tidak setinggi langit lagi.

2. Pilih tujuan wisata tidak terlalu populer

Pilih salah satu tujuan yang dikenal, namun tidak terlalu populer.  Misalnya, Tunisia, yang tampaknya agak terlupakan sekarang, tetapi masih memiliki segala yang dibutuhkan untuk liburan yang mudah dilakukan. Jika Anda memikirkan Mediterania, pikirkan tentang tujuan di sepanjang garis pantai Afrika juga.

3. Jangan pergi saat weekend

Weeken, harga pesawat atau hotel juga cenderung tinggi, maka pilihlah saat weekdays ketika ingin liburan

4. Pilih bandara tujuan dan keberangkatan dengan cermat

Bandara terbesar biasanya memiliki keberangkatan paling banyak, dan kebanyakan orang bepergian dari bandara ini.  Tetapi bandara yang lebih kecil juga menyediakan perjalanan charter dan mungkin memiliki tantangan untuk mengisi pesawat hingga 100%.  Jadi setidaknya ketika hari keberangkatan semakin dekat, melihat perjalanan menit terakhir dari bandara yang lebih kecil mungkin layak dipertimbangkan

5. Bandingkan seluruh biaya perjalanan

Ingatlah untuk menghitung setiap biaya perjalanan.  Misalnya, di beberapa bandara, Anda mendapatkan parkir gratis. Tiketnya mungkin lebih mahal, atau mungkin perjalanan ke sana jauh, tetapi menghemat biaya parkir yang terkadang mahal mungkin masih memberi Anda perjalanan yang lebih murah ketika melihat keseluruhan biaya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah barang bawaan termasuk dalam harga atau tidak.  Terkadang alternatif yang sangat murah tidak memiliki segalanya (seperti membawa koper), dan Anda harus membayar ekstra untuk ini.  Periksa apa yang disertakan dan yang tidak.

6. Jangan tergiur iklan murah 

Jangan melihat secara membabi buta pada tawaran perjalanan termurah. Ini bisa saja membuat Anda mengeluarkan dana lebih. Misalnya, hotel yang ditawarkan berada di luar tujuan yang diinginkan.  Ini memberi Anda banyak biaya transportasi tambahan (taksi), atau naik bus yang tidak nyaman sesekali selama perjalanan Anda. 

Sebuah hotel yang sedikit lebih mahal di tempat tujuan mungkin sebenarnya menjadi lebih murah pada akhirnya.  

7. Bandingkan perjalanan di beberapa situs pemesanan.

Secara online ada banyak situs berbeda untuk membandingkan paket perjalanan.  Semuanya biasanya memiliki hampir semua alternatif yang terdaftar, tetapi mereka mungkin memiliki kesepakatan berbeda dengan penyedia, dan oleh karena itu harga berbeda untuk perjalanan yang sama.  Periksa beberapa situs.

8. Lelang perjalanan

Lelang perjalanan mungkin merupakan cara lain yang baik untuk menemukan perjalanan murah.  Beberapa agen perjalanan memasang tempat sisa secara online untuk dilelang.  Jika Anda tetap tenang dan tidak memiliki tanggal pasti kapan Anda harus pergi, Anda mungkin menemukan tiket yang sangat murah.

9. Perjalanan menit terakhir

Jika Anda tidak terlalu peduli ke mana Anda akan pergi dan dapat memesan sangat dekat dengan tanggal keberangkatan, Anda akan menemukan tempat-tempat sisa dan dibatalkan sangat murah.  Ini adalah hal yang biasanya saya lakukan dengan sukses besar.

10. Pilih transportasi darat

Mungkin Anda tidak selalu harus terbang ke suatu tujuan. Mungkin Anda bisa naik kereta, atau mobil bersama teman dan berbagi biaya bahan bakar.

Anda bisa pergi selama 3 minggu, bukan 1 minggu, dan naik kereta, tinggal di hostel dan memasak sendiri beberapa makanan.  Maka 3 minggu mungkin semurah kombinasi 1 minggu penerbangan normal + hotel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top