Peace Park di Taipei, Taiwan./Istimewa
Travel

Banyak Orang Hong Kong Ingin Tinggal di Taiwan

Rezha Hadyan
Jumat, 22 Januari 2021 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah orang Hong Kong yang mendapatkan izin tinggal jangka panjang di Taiwan pada 2020 mencapai hampir dua kali lipat dari setahun sebelumnya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (22/1/2021), statistik dari badan imigrasi Taiwan menunjukkan bahwa jumlahnya melonjak dari 5.858 orang pada 2019 ke rekor tertinggi sebanyak 10.813 pada 2020.

Otoritas Taiwan menyebut lonjakan tersebut sebagai imbas dari perkembangan Undang-Unndang keamanan nasional China untuk Hong Kong yang berlaku Juni tahun lalu. UU itu dirancang untuk memberangus aktivitas antipemerintah.

Badan imigrasi Taiwan meyakini semakin banyak orang Hong Kong ingin pindah ke Taiwan yang letak geografisnya berdekatan serta lebih demokratis dan bebas.

Sehari setelah UU keamanan nasional berlaku di Hong Kong, Taiwan mendirikan sebuah kantor baru di Taipei yang menawarkan konsultasi bagi orang-orang dari Hong Kong yang ingin pindah ke Taiwan.

Namun, para pejabat Taiwan khawatir bahwa orang-orang yang terkait dengan Partai Komunis, pemerintah, atau militer China juga secara diam-diam mendaftar untuk pindah ke Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro