Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banyak Orang Hong Kong Ingin Tinggal di Taiwan

Statistik dari badan imigrasi Taiwan menunjukkan bahwa jumlahnya melonjak dari 5.858 orang pada 2019 ke rekor tertinggi sebanyak 10.813 pada 2020.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  08:59 WIB
Peace Park di Taipei, Taiwan. - Istimewa
Peace Park di Taipei, Taiwan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah orang Hong Kong yang mendapatkan izin tinggal jangka panjang di Taiwan pada 2020 mencapai hampir dua kali lipat dari setahun sebelumnya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (22/1/2021), statistik dari badan imigrasi Taiwan menunjukkan bahwa jumlahnya melonjak dari 5.858 orang pada 2019 ke rekor tertinggi sebanyak 10.813 pada 2020.

Otoritas Taiwan menyebut lonjakan tersebut sebagai imbas dari perkembangan Undang-Unndang keamanan nasional China untuk Hong Kong yang berlaku Juni tahun lalu. UU itu dirancang untuk memberangus aktivitas antipemerintah.

Badan imigrasi Taiwan meyakini semakin banyak orang Hong Kong ingin pindah ke Taiwan yang letak geografisnya berdekatan serta lebih demokratis dan bebas.

Sehari setelah UU keamanan nasional berlaku di Hong Kong, Taiwan mendirikan sebuah kantor baru di Taipei yang menawarkan konsultasi bagi orang-orang dari Hong Kong yang ingin pindah ke Taiwan.

Namun, para pejabat Taiwan khawatir bahwa orang-orang yang terkait dengan Partai Komunis, pemerintah, atau militer China juga secara diam-diam mendaftar untuk pindah ke Taiwan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hong kong taiwan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top