Robot restoran
Kuliner

Lagi, Inovasi Robot Pelayan Kafe Hadir di Jepang

Rezha Hadyan
Kamis, 21 Januari 2021 - 09:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kios kafe pop up di dekat Tokyo dengan pelayan sebuah robot kini sedang diuji coba di tengah meningkatnya pembahasan untuk menghindari layanan tatap muka selama pandemi virus corona.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK), uji coba selama tiga hari mulai Senin (18/01/2021) itu merupakan bagian dari proyek untuk membantu para pengusaha, yang dibentuk oleh kota Tsukuba, timur laut Tokyo.

Saat seorang pelanggan memesan menggunakan komputer tablet, kopi akan dituangkan ke cangkir dan lengan robotik akan mentransfernya ke konter. Sebuah bisnis patungan di kota tersebut mengembangkan robot ini.

Perwakilan perusahaan tersebut, Higuchi Shota, mengatakan ia berharap layanan tanpa sentuhan ini dapat diterapkan untuk berbagai penggunaan demi membantu masyarakat yang tengah melawan pandemi.

Perusahaan patungan itu menggunakan suku cadang biaya rendah agar robot tersebut dapat dijangkau oleh banyak bidang seperti pabrik makanan dan pertanian. Perusahaan itu berharap sistem ini juga akan dapat membantu masalah kekurangan tenaga kerja.

Sebelumnya, Softbank melalui anak usahanya Softbank Robotic mengembangkan robot untuk dipekerjakan di restoran atau kafe yang diberi nama "Servi". Robot tersebut secara mandiri mampu melakukan perjalanan dan membawa makanan saat tamu memilih meja untuk disajikan dan memberitahukannya saat tiba di meja.

Robot ini juga dapat bergerak sambil mendeteksi dan menghindari rintangan seperti orang dan benda. Layaknya pelayan asli, robot ini mampu bergerak dengan tenang, mengenali rintangan dan orang-orang, dan penyajian dapat dilakukan dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro