Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Lagi, Inovasi Robot Pelayan Kafe Hadir di Jepang

Higuchi Shota, mengatakan ia berharap layanan tanpa sentuhan ini dapat diterapkan untuk berbagai penggunaan demi membantu masyarakat yang tengah melawan pandemi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  09:03 WIB
Lagi, Inovasi Robot Pelayan Kafe Hadir di Jepang
Robot restoran
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kios kafe pop up di dekat Tokyo dengan pelayan sebuah robot kini sedang diuji coba di tengah meningkatnya pembahasan untuk menghindari layanan tatap muka selama pandemi virus corona.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK), uji coba selama tiga hari mulai Senin (18/01/2021) itu merupakan bagian dari proyek untuk membantu para pengusaha, yang dibentuk oleh kota Tsukuba, timur laut Tokyo.

Saat seorang pelanggan memesan menggunakan komputer tablet, kopi akan dituangkan ke cangkir dan lengan robotik akan mentransfernya ke konter. Sebuah bisnis patungan di kota tersebut mengembangkan robot ini.

Perwakilan perusahaan tersebut, Higuchi Shota, mengatakan ia berharap layanan tanpa sentuhan ini dapat diterapkan untuk berbagai penggunaan demi membantu masyarakat yang tengah melawan pandemi.

Perusahaan patungan itu menggunakan suku cadang biaya rendah agar robot tersebut dapat dijangkau oleh banyak bidang seperti pabrik makanan dan pertanian. Perusahaan itu berharap sistem ini juga akan dapat membantu masalah kekurangan tenaga kerja.

Sebelumnya, Softbank melalui anak usahanya Softbank Robotic mengembangkan robot untuk dipekerjakan di restoran atau kafe yang diberi nama "Servi". Robot tersebut secara mandiri mampu melakukan perjalanan dan membawa makanan saat tamu memilih meja untuk disajikan dan memberitahukannya saat tiba di meja.

Robot ini juga dapat bergerak sambil mendeteksi dan menghindari rintangan seperti orang dan benda. Layaknya pelayan asli, robot ini mampu bergerak dengan tenang, mengenali rintangan dan orang-orang, dan penyajian dapat dilakukan dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran robot
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top