Ilustrasi/Julemag
Travel

Begini Prediksi Tren Traveling di 2021

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 15 Januari 2021 - 11:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pegipegi mencatat ada perubahan utama terhadap tren traveling pada tahun 2021 ini.

Salah satu insight yang berhasil didapatkan adalah dimana pada awalnya fokus pemilihan hotel dari konsumen yang pada mulanya lebih mengedepankan hotel yang unik, instagramable, atau murah.

Namun selama pandemi ini, masyarakat lebih fokus melihat aspek kesehatan dan keamanan yang lebih penting. 

Berkaca dengan insight tersebut, Pegipegi telah memiliki fitur Clean & Safe untuk memudahkan pelanggan untuk mencari akomodasi yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini sejalan dengan penggunaan fitur Clean & Safe yang merupakan fitur paling banyak digunakan pelanggan selama periode new normal. 

Selain itu, fitur asuransi perjalanan Pegipegi Travel Protection juga menjadi fitur yang juga diminati oleh pelanggan di situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

Pegipegi Travel Protection memberikan perlindungan atas kerugian, mulai dari risiko yang ditimbulkan oleh perjalanan dengan pesawat, namun juga perlindungan kesehatan hingga COVID-19. 

Shella Dellina, Brand Marketing Manager Pegipegi mengatakan, program Wip Wip Hura dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan permintaan pemesanan akomodasi dan transportasi dengan harga yang lebih terjangkau bagi setiap pelanggan Pegipegi, sekaligus mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan industri pariwisata Indonesia.

"Keberhasilan program ini juga tidak lepas dari kerjasama strategis seluruh partner kami seperti partner hotel, maskapai, dan bank partner," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga mengaku optimis pada tahun 2021 industri travel akan semakin pulih. Kami memprediksi travel domestik akan lebih cepat untuk pulih serta tren staycation akan semakin meningkat.

Beberapa faktor yang akan membuat kepercayaan publik kembali lagi untuk traveling adalah dengan adanya kesadaran masyarakat untuk tertib menerapkan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan pemerintah sehingga angka penyebaran COVID-19 dapat melandai, vaksin yang mulai terdistribusi, serta penerapan protokol kesehatan di tempat wisata dan hotel.

Sementara itu, dalam program diskon Wip Wip Hura (WWH) Pegipegi berhasil menemukan 4 fakta menarik terkait dengan tren traveling pada periode Libur Natal dan Tahun Baru 2021. 

Melalui Program ini, Pegipegi berhasil meningkatkan transaksi lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode new normal biasanya. Berdasarkan data pemesanan pengguna promo Wip Wip Hura, diketahui juga bahwa periode check-in paling banyak yaitu untuk pemesanan pada hari libur Natal hingga tahun baru 2021. Hal ini sejalan dengan survei yang telah dilakukan Pegipegi pada 9 -16 November 2020 dengan lebih dari 1.490 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari survei ini berhasil diketahui bahwa Sebanyak 75% masyarakat Indonesia berencana untuk melakukan traveling pada akhir tahun 2020. 

Destinasi Favorit Libur Natal & Tahun Baru 2021

Berdasarkan data internal Pegipegi, destinasi favorit pemesanan tiket pesawat yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Batam. Pada pemesanan kereta, destinasi favoritnya adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung. Sedangkan untuk pemesanan bus dan travel, destinasi favoritnya adalah Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Jarak periode pemesanan tiket berkisar antara satu hingga dua minggu dari periode check-in atau keberangkatan.

Tren Staycation Meningkat

Pada pemesanan hotel periode libur Natal dan Tahun Baru 2021 ini, terlihat adanya peningkatan tren staycation, di mana pemesanan hotel berada di kota domisili pelanggan. Sejauh ini, tren staycation masih berada di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro