Keramaian di salah satu sudut kawasan perbelanjaan di distrik Shibuya, Tokyo, Jepang, pada malam hari./Bisnis-Yusuf Waluyo
Travel

Jepang Tutup Izin Masuk untuk Seluruh Orang Asing

Rezha Hadyan
Kamis, 14 Januari 2021 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang berencana menangguhkan izin masuk bagi seluruh orang asing karena virus corona terus menyebar di seluruh dunia.

Namun, pebisnis dari 10 negara Asia dan Taiwan masih diizinkan masuk.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) langkah itu dilakukan, sebagai bagian dari pembatasan izin masuk yang lebih ketat menyusul deklarasi keadaan darurat.

Tidak ada orang asing yang akan diizinkan memasuki Jepang, kecuali untuk alasan khusus, seperti pemakaman kerabat atau kelahiran anak.

Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide mengatakan pada pekan lalu bahwa ia berencana melarang perjalanan ke dan dari negara-negara serta kawasan di mana varian baru virus corona telah muncul. Namun, para anggota partainya dan lainnya menyebutkan langkah tersebut membingungkan.

Di sisi lain, Pemerintah Jepang juga mengumumkan akan memperluas keadaan darurat terhadap tujuh provinsi lainnya di tengah lonjakan infeksi virus corona. Provinsi tersebut adalah Osaka, Hyogo, Kyoto, Aichi, Gifu, Fukuoka, dan Tochigi.

Deklarasi tersebut saat ini mencakup Tokyo dan tiga provinsi tetangga, yaitu Kanagawa, Chiba, dan Saitama yang diberlakukan mulai akhir pekan lalu.

Berdasarkan keadaan darurat tersebut, orang-orang diminta untuk menahan diri bepergian untuk urusan yang tidak penting serta membantu mengurangi jumlah orang yang menggunakan transportasi sebanyak 70 persen dengan bekerja dari rumah jika memungkinkan. Restoran dan bar diminta untuk mengurangi jam operasi. Jumlah peserta di berbagai acara juga akan dibatasi.

Deklarasi tersebut diperkirakan akan berlaku hingga 7 Februari 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro