Danau Kelimutu di NTT/indonesia.travel
Travel

Telusuri 6 Wisata Alam 'Ajaib' di Asia

Yudi Supriyanto
Kamis, 14 Januari 2021 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Benua Asia adalah benua yang memiliki banyak keajaiban alam yang sangat disayangkan untuk dilewati.

Dilansir dari Discovery, keajaiban-keajaiban alam di benua Asia terbentang sangat luas, dari Gunung Kelimutu, Stone Forest, hingga keajaiban
Tubbataha Reef.

1. Gunung Kelimutu, Indonesia

Gunung menakjubkan di Flores, Indonesia ini memiliki 3 danau kawah vulkanik yang masing-masing memiliki warna yang berbeda. 

Tidak hanya itu, warna pada setiap gunung juga akan berubah sepanjang tahun. Setiap danau kawah vulkanik tersebut memiliki nama yang menghantui: Danau Jiwa Leluhur, Danau Jiwa Kaum Muda, dan Danau Roh Jahat. 

Danau itu ditemukan pada 1914, dan para ilmuwan telah menemukan bahwa perubahan terjadi karena kandungan mineral yang terdapat di dalam air berbeda-beda.

2. Stone Forest, Cina

Juga dikenal sebagai "Shilin", Stone Forest adalah sekumpulan formasi batu kapur di Kabupaten Otonomi Shilin Yi di Provinsi Yunnan. 

Mencapai seluas 100.000 hektar, Shilin membutuhkan sekitar 270 juta tahun erosi dan aktivitas seismik untuk terbentuk. 

Tidak hanya bebatuan yang menjulang tinggi yang spektakuler, tetapi juga terdapat gua, air terjun, dan juga dipenuhi dengan satwa liar.

3. Danau Inle, Myanmar

Inle adalah danau terbesar kedua di negara itu dan mencakup lebih dari 40 mil persegi. Danau ini adalah rumah bagi spesies yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. 

Air terjun yang indah, pegunungan yang menakjubkan, dan pendakian yang menakjubkan dapat ditemukan di sepanjang tepi air. Bagian selatan danau adalah pengalaman yang lebih terpencil dan ada beberapa desa dan taman terapung yang spektakuler.

4. Pulau Kapas, Malaysia

Sebuah permata murni di timur daratan Malaysia, Pulau Kapas memiliki jajaran terumbu karang yang menakjubkan sementara jalur kayu reyot mengarah dari satu pantai terpencil ke pantai berikutnya. 

Snorkeling adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu, mengawasi kawanan hiu dan penyu. Tanpa mobil - atau bahkan jalan raya - di pulau, ini sealami yang akan Anda dapatkan.

5. Gurun Gobi, Cina dan Mongolia

Membentang di seluruh Tiongkok utara dan Mongolia selatan, wilayah gersang yang luas merupakan pemandangan yang patut dilihat. 

Gurun Gobi dikenal dengan macan tutul salju dan unta. Jika gundukan bukit pasir emas tidak cukup, maka ada lapangan es luar biasa yang terletak di ngarai Yolyn Am, serta fosil dinosaurus di "Flaming Cliffs" yang berwarna merah terbakar.

6. Tubbataha Reef, Filipina

Keajaiban ini ada di bawah air. Taman laut, Situs Warisan Dunia UNESCO, berisi 360 jenis karang, hampir 90% dari semua jenis karang di Filipina secara keseluruhan. Ini fitur dinding tegak lurus setinggi 100 meter, laguna besar, dan pulau karang. Rumah bagi hiu macan, barakuda, paus, lumba-lumba, dan 700 spesies ikan, terumbu karang adalah contoh kehidupan laut yang menakjubkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro