Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkunjung Ke Indonesia, Ini Tips Penting Traveling

Indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang lebih murah, beberapa tur dan lebih banyak tempat offtrack akan lebih mahal harganya.
Yudhi Kusdiyanto
Yudhi Kusdiyanto - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  16:05 WIB
Indonesia menjadi tujuan wisata yang diincar oleh wisatawan mancanegara. - ilustrasi
Indonesia menjadi tujuan wisata yang diincar oleh wisatawan mancanegara. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Terletak di Asia Tenggara antara Samudra Hindia dan Pasifik, Indonesia adalah negara kepulauan yang harus Anda kunjungi.

Dilansir dari Goats On the Road, Selasa (12/1/2021), negara dengan sekitar 17.000 pulau ini memiliki sejarah yang kaya dan penuh warna, budaya yang dinamis, beragam etnis, dan pemandangan tak tertandingi.

Terlebih lagi, Indonesia dapat dinikmati dengan mudah dan dengan anggaran terbatas, menjadikannya tujuan impian para pelancong global.

Ada begitu banyak tempat murah untuk dikunjungi di Indonesia - tempat yang menawarkan nilai yang luar biasa. Berikut tips yang dapat Anda ikuti ketika berkunjung ke negara luar biasa ini.

1. Aktivitas di Indonesia yang Tidak Akan Merusak tabungan Anda

Ada banyak cara untuk menikmati keajaiban yang ada Indonesia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia menawarkan pantai pasir putih yang tak terhitung jumlahnya yang sempurna untuk bersantai saat jet lag mulai terjadi.

Mereka yang menginginkan petualangan dapat mulai berselancar di perairan jernih di sekitar Bali atau menantang diri sendiri untuk mendaki melalui hutan hujan yang luas dan gunung berapi yang menakjubkan yang membentuk dataran negara ini.

Penggemar sejarah akan senang mengunjungi beberapa dari ribuan candi Hindu yang tersebar di seluruh negeri — ada lebih dari 6.000 di Bali saja!

Perhatikan bahwa beberapa tur memerlukan biaya masuk sementara yang lain meminta tip. Namun ada pura yang bisa dikunjungi secara gratis, seperti Pura Taman Saraswati abad ke- 19 di Ubud, Bali.

Di Yogyakarta, Anda dapat mengagumi kerajinan dan hasil karya pengrajin lokal, yang tidak keberatan wisatawan mampir untuk melihat karya mereka, dan wisatawan dari semua lapisan masyarakat akan terpesona oleh orkestra Gamelan dan pertunjukan tari Bali yang sering diadakan pada upacara dan di hotel, resor, dan restoran.

Jika menemukan latihan (rombongan sering berlatih), maka Anda biasanya dipersilakan untuk menonton tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Anda juga dapat bertanya kepada penduduk setempat atau bagian informasi turis tentang festival mendatang yang gratis untuk dinikmati.

Terakhir, ketika Anda tiba di tujuan, cari tur jalan kaki gratis secara online, dan perhatikan diskon untuk aktivitas dan acara. Hiking, berkelana, berenang, berjemur, jalan kaki - semua aktivitas gratis ini bisa dinikmati di Indonesia.

2. Tempat yang Wajib Dikunjungi di Indonesia (tanpa biaya sepeser pun!)

Beberapa destinasi paling dicintai di Indonesia benar-benar gratis untuk dilihat.

Salah satunya adalah Pasih Uwug : AKA the Broken Sea.

Jika Anda mengikuti akun Instagram perjalanan dunia mana pun, maka ada kemungkinan besar Anda telah melihat mahakarya geologi ini di umpan berita Anda setidaknya sekali.

Lengkungan batu Nusa Penida yang terkenal sebenarnya adalah sebuah gua yang lantainya runtuh, memungkinkan masuknya air membentuk kolam alaminya.

Atraksi gratis cantik lainnya adalah Lotus Lagoon di Komunitas Samuh, Desa Bugbug, Candidasa . Danau yang dapat diakses di tepi jalan ini dipenuhi dengan hijau limau dan bunga lili air fuchsia.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar danau, seperti snorkeling di sepanjang pantai, bersepeda melintasi perbukitan di atas kota, atau mengunjungi patung Hariti, dewi kesuburan.

Dan jangan lewatkan ladang bunga di Desa Belok! Anda akan menemukan bunga marigold cantik yang tumbuh di ladang sepanjang perjalanan dari Kintamani ke Bedugul.

3. Bepergian di Indonesia Dengan Anggaran Terbatas

Jika Anda berencana bepergian dari Bali ke pulau lain, maka mungkin bijaksana untuk menghemat sebagian besar ruang dalam anggaran Anda untuk biaya transportasi.

Penerbangan domestik sebenarnya cukup murah dan merupakan pilihan yang baik untuk jarak jauh.

Di lokasi wisata padat, Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan layanan perahu wisata dan layanan bus jarak jauh.

Jika Anda berencana untuk mampir ke pulau terdekat, maka taruhan termurah adalah naik feri umum, karena feri tidak mahal dan sering beroperasi antar pulau yang berdekatan.

Feri antara Bali dan Lombok, misalnya, harganya sekitar US$2- US$3.

Namun, waktu perjalanan yang lama adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Perjalanan dari Bali ke Lombok bisa memakan waktu sekitar 4,5 jam — lebih lama lagi jika Anda mengalami penundaan atau kondisi cuaca buruk.

Anda akan menemukan bahwa transportasi umum di Indonesia jauh lebih murah daripada memanggil taksi. Meskipun sistem transportasi sangat bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain, kota-kota ramah turis seperti Jakarta, ibu kota Indonesia, menawarkan beragam pilihan publik.

Kereta komuter KAI ramai tapi murah dengan harga sekitar US$0,25 dan bus Trans Jakarta tidak mahal dan sering - meski sama sekali tidak dapat diprediksi. Kedua transportasi menawarkan AC dan ruang khusus wanita.

Saat ini, dengan aplikasi online seperti Grab dan GoJek , Anda dapat menemukan tumpangan yang sangat terjangkau di Indonesia - baik di belakang sepeda motor, atau di dalam mobil.

Jadi, pastikan Anda mengunduhnya sebelum Anda bepergian ke Indonesia, itu akan sangat membantu anggaran.

Sangat mudah untuk menemukan persewaan sepeda di sebagian besar daerah wisata, dengan harga yang cukup terjangkau - seringkali kurang dari US$5 sehari. Anda juga dapat menyewa skuter dengan harga sekitar US$6 sehari atau sepeda motor dengan harga sekitar US$20 sehari.

4. Akomodasi Terjangkau di Indonesia

Perjalanan ke Indonesia biasanya mencapai puncaknya pada Januari, Agustus, September, dan Desember, yang berarti biaya akomodasi cenderung meningkat pada bulan-bulan ini.

Hotel sering kali memiliki kapasitas setengah pada musim sepi — Februari, Maret, Oktober, dan November — jadi bulan-bulan ini memungkinkan Anda untuk menegosiasikan harga penginapan Anda.

Meskipun Anda mungkin dapat menemukan akomodasi murah di tempat-tempat seperti Bukit Lawang, Sumatera, yakni US$ 5 per malam, waspadalah terhadap tujuan yang lebih mahal, seperti Jawa, Flores, dan Raja Ampat .

Di kawasan wisata Bali seperti Kuta, Legian, dan Ubud, penginapan bisa berkisar antara US$ 10 - US$ 100 semalam, tergantung di mana Anda menginap di Bali .

Jika Anda lebih suka memesan apartemen atau tinggal dengan tuan rumah di Airbnb, mengapa tidak mendapatkan diskon Airbnb saat Anda melakukannya? Pastikan Anda menggunakan kode kupon Airbnb.

Sebuah bungalow kemungkinan akan jauh lebih murah daripada kamar hotel, dan banyak yang memiliki AC — atau setidaknya kipas angin gantung — dan kamar mandi pribadi. Anda bisa menemukan jenis akomodasi ini di tempat-tempat seperti Sanur, Kuta, dan Legian.

Pilihan anggaran besar lainnya termasuk homestay, hostel, wisma, dan kompleks bergaya keluarga, yang dikenal menampilkan arsitektur unik Indonesia.

5. Makanan Murah di Indonesia

Salah satu aspek termurah dari masa tinggal Anda di Indonesia tidak diragukan lagi adalah makanannya — selama Anda menikmati makanan lokal.

Untuk makanan paling murah, hindari tempat nongkrong turis. Sebaliknya, carilah pedagang kaki 5 dan pasar yang melayani penduduk setempat.

Pasar malam seperti yang ada di Sanur dan Seminyak menyajikan aneka hidangan tradisional dengan harga yang terjangkau. Dan perlu diingat bahwa Anda sering bisa tawar-menawar dengan vendor untuk menyetujui harga yang lebih rendah.

KIAT PRO: Pastikan untuk mencoba rendang. Rebusan sederhana ini sering disajikan pada acara-acara seremonial, daging sapi direbus dengan santan dan campuran serai, bawang putih, jahe, dan bumbu lainnya.

6. Kata-Kata Nasihat Terakhir

Saat bepergian ke Indonesia, ingatlah bahwa harga awal hampir tidak pernah menjadi harga yang Anda keluarkan - selama Anda ingat untuk menawar. Jika harga tampak terlalu tinggi, maka lanjutkan saja.

Seringkali orang lokal akan menurunkan harga agar tidak kehilangan pelanggan, namun, yang paling penting untuk diingat adalah bersenang-senang saat tawar-menawar dan kesepakatan yang bagus berakhir ketika kedua belah pihak senang.

Hal lain adalah meskipun Indonesia jelas merupakan salah satu tempat wisata yang lebih murah, beberapa tur dan lebih banyak tempat offtrack akan lebih mahal harganya. Tapi, tempat-tempat itu sangat berharga!

Anda tidak ingin meninggalkan Indonesia dengan menyesal tidak mengunjungi Komodo yang terkenal, menyelam scuba di Raja Ampat, atau menghabiskan uang untuk mendaki gunung berapi - terkadang, Anda hanya perlu berbelanja secara royal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata indonesia traveling
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top