Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Berlibur, Ikuti Langkah Ini Untuk Menabung

Mimpi untuk menjelajah banyak tempat menakjubkan di dunia ini sebenarnya tidak mustahil, dan setiap orang bisa mewujudkannya.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  17:11 WIB
Pandemi menjadi waktu yang tepat untuk memperbesar jumlah tabungan, agar bisa  digunakan  untuk berwisata bila virus corona (Covid-19) mereda./Ilustrasi - Somnomed
Pandemi menjadi waktu yang tepat untuk memperbesar jumlah tabungan, agar bisa digunakan untuk berwisata bila virus corona (Covid-19) mereda./Ilustrasi - Somnomed

Bisnis.com, JAKARTA--Berjalan - jalan ke seluruh tempat menakjubkan di dunia, dan mengenal serta menikmati budaya dan segala keindahan yang ada di tempat itu merupakan mimpi bagi setiap pelancong.

Namun, mimpi itu kadang seperti mustahil untuk diraih mengingat biaya yang harus dikeluarkan oleh para pelancong tidaklah sedikit.

Mimpi untuk menjelajah banyak tempat menakjubkan di dunia ini sebenarnya tidak lah mustahil, dan kita bisa memiliki biaya yang diperlukan. Untuk biaya ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal saja.

Dilansir dari Travel and Leisure, Senin (11/1/2021), berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menabung, menabung, dan menikmati perjalanan ke tempat-tempat menakjubkan yang menjadi mimpi.

1. Buat Anggaran

Langkah pertama dalam menabung untuk liburan adalah merencanakannya. Bahkan sebelum Anda memikirkan tentang tabungan Anda, rencanakan ke mana Anda ingin pergi, ke mana Anda ingin tinggal, dan apa yang ingin Anda lakukan saat berada di sana.

Saat Anda meneliti, teruslah menghitung berapa biaya tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan aktivitas.

Setelah Anda merencanakan rencana perjalanan yang jelas, ambillah perkiraan biaya total dan tulis di kalender Anda untuk tanggal keberangkatan yang Anda inginkan.

Hitung berapa minggu sampai Anda ingin pergi dan bagi biaya Anda dengan waktu yang Anda butuhkan untuk menabung. Sekarang Anda tahu berapa banyak yang perlu Anda sisihkan setiap minggu untuk dapat membeli perjalanan impian Anda.

Pertimbangkan “pengeluaran masa depan” ini sebagai kebalikan dari menabung atau menghilangkan kesenangan Anda saat ini, sebuah sistem yang penasihat keuangan pikir lebih efektif secara mental.

2. Beli dalam jumlah besar

Membeli dalam jumlah besar tidak selalu merupakan pilihan terbaik, tetapi untuk barang-barang yang selalu Anda gunakan di sekitar rumah, ini adalah cara terbaik untuk menghemat uang.

Barang sehari-hari seperti mentega, alkohol, kertas toilet, handuk kertas, deterjen, dan sabun paling baik dibeli dalam jumlah banyak.

Jika tidak suka membawa pulang tas besar dari toko, maka Anda dapat memesan dalam jumlah besar secara online, dan mengirimkan semuanya ke rumah Anda.

3. Tetap termotivasi

Ingatlah tujuan Anda: Cetak gambar tujuan impian Anda. Rekatkan ke dinding Anda. Jadikan sebagai gambar latar belakang di ponsel atau komputer Anda.

Gunakan editing foto, dan masukan diri sendiri dalam gambar tempat tujuan yang Anda inginkan agar terasa lebih nyata.

Jika Anda memesan pengiriman makanan dari tempat tidur Anda atau menjelajah melalui aplikasi dagang elektronik di sofa Anda, melihat gambar tempat di mana Anda ingin bepergian dapat membuat Anda mempertanyakan apakah pembelian itu benar-benar layak untuk dihabiskan dengan anggaran Anda.

4. Hentikan kenyamanan

Sebuah fakta yang tidak dapat disangkal bahwa kadang kita melakukan pengeluaran tambahan seperti kopi di sore hari, sebungkus keripik untuk menahan lapar hingga makan malam, atau surat kabar untuk dibaca selama perjalanan.

Jadi, periksa rekening bank Anda dan cari tempat-tempat di mana Anda secara rutin membelanjakan hanya beberapa dolar. Kemungkinan Anda menghabiskan uang hanya untuk kenyamanan - dan itu bisa bertambah.

Hentikan pembelian ini dengan menyimpan pembelian impulsif Anda. Bawalah cangkir yang dapat digunakan kembali untuk membuat kopi Anda sendiri, simpan makanan ringan di meja Anda atau cari acara TV, film, buku, dan majalah daring gratis

5. Video on demand/ over the top dan berhemat

Membatalkan langganan video on demand atau over the top mungkin terdengar sulit untuk Anda lakukan. Namun, ratusan dolar per tahun kemungkinan telah Anda habiskan untuk berbagai layanan yang pada dasarnya menawarkan layanan yang sama.

Jika Anda benar-benar tidak dapat menghentikannya, pertimbangkan untuk mengumpulkan beberapa teman, dan buat akun bersama.

Langkah ini dapat mengurangi pengeluaran Anda jika banyak teman setuju untuk patungan membayar akun bersama tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata traveling menabung
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top