Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kimchi jadi Makanan Khas Korea Selatan Terpopuler di Dunia

Hasil jajak pendapat yang dilakukan Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan menunjukkan bahwa 34 persen responden mengatakan mereka lebih suka makan kimchi, diikuti oleh bibimbap dengan 27,8 persen dan ayam goreng ala Korea dengan 27 persen. Jajak pendapat tersebut dilakukan di 16 negara besar di seluruh dunia pada 2020.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  11:23 WIB
Kimchi - yonhap
Kimchi - yonhap

Bisnis.com, JAKARTA - Kimchi menjadi hidangan khas Korea yang paling disukai oleh masyarakat dunia berdasarkan sebuah jajak pendapat yang dirilis oleh Pemerintah Korea Selatan.

Melansir The Korea Times pada Kamis (7/1/2021), hasil jajak pendapat yang dilakukan Kementerian Pertanian, Pangan dan Urusan Pedesaan menunjukkan bahwa 34 persen responden mengatakan mereka lebih suka makan kimchi, diikuti oleh bibimbap dengan 27,8 persen dan ayam goreng ala Korea dengan 27 persen. Jajak pendapat tersebut dilakukan di 16 negara besar di seluruh dunia pada 2020.

Sayangnya, tak disebutkan berapa banyak responden yang dilibatkan dalam jajak pendapat tersebut. Namun yang jelas, kepopuleran hidangan khas Korea di dunia sejalan dengan kepopuleran budaya pop Korea atau K-Pop di seluruh dunia,

Kimchi adalah lauk tradisional Korea yang biasanya terbuat dari kubis yang difermentasi, garam, dan cabai. Bibimbap mengacu pada nasi yang dicampur dengan berbagai sayuran dan daging.

Data terpisah dari Asosiasi Perdagangan Internasional Korea menunjukkan ekspor kimchi naik 36,4 persen per tahun selama 10 bulan pertama tahun 2020 mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar US $ 119 juta.

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan bahwa 57,4 persen responden mengetahui makanan Korea, naik 2,8 persen dari tahun sebelumnya.

Kementerian mengatakan lebih banyak orang menjadi sadar akan hidangan Korea seperti kimchi sejalan dengan meningkatnya permintaan bahan makanan yang lebih sehat di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan wilayah, bulgogi, daging sapi atau babi panggang yang diasinkan, disebut-sebut sebagai hidangan paling populer di Amerika Utara dan Tengah, sementara orang Eropa memilih bibimbap sebagai hidangan Korea yang paling disukai.

Responden dari Asia Tenggara memilih kimchi, sementara japchae, hidangan mie gelas tumis, populer di Oseania, Timur Tengah dan Amerika Selatan, menurut jajak pendapat tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner korea selatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top