Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Traveler, Simak Tips Sindrom Pasca Liburan Berikut Ini

Tetapi, liburan yang terlalu panjang kadang membuat kita kesulitan untuk kembali ke rutinitas semula dan banyak orang yang tidak menyukai transisi dari mode liburan kembali ke mode kerja.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  15:01 WIB
Ilustrasi - Bethesmartwife
Ilustrasi - Bethesmartwife

Bisnis.com, JAKARTA - Libur Natal dan Tahun Baru adalah waktu spesial ketika kita pada akhirnya dapat rehat sejenak dari rutinitas bisnis dengan bersantai, menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai, dan memanjakan diri sedikit.

Tetapi, liburan yang terlalu panjang kadang membuat kita kesulitan untuk kembali ke rutinitas semula dan banyak orang yang tidak menyukai transisi dari mode liburan kembali ke mode kerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh booking.com, sebuah perusahaan yang menghubungkan wisatawan dengan penyedia akomodasi, menunjukkan bahwa liburan menyebabkan perubahan emosional yang luar biasa.

Liburan membawa kita ke dalam keadaan bahagia bahkan lebih dari peristiwa lain dalam hidup.

Dilansir melalui Entrepreneur, 70% dari mereka yang disurvei, perasaan positif yang diperoleh dengan mengetahui tempat-tempat baru lebih tahan lama dan berharga daripada yang diberikan oleh benda-benda materi.

Lebih lanjut, 77% memutuskan untuk merencanakan perjalanan untuk sedikit menghibur saat mereka membutuhkan penyegaran pemandangan.

Dengan demikian, baik pelancong yang meninggalkan musim liburan ini, maupun yang tidak, memiliki sindrom pasca liburan yang dapat memengaruhi minggu-minggu pertama Anda kembali bekerja pada level yang berbeda.

Namun untuk mengatasinya, booking.com menawarkan beberapa tips untuk memulai tahun baru dengan tepat.

1. Jangan menunda-nunda

Bagi mereka yang menghabiskan liburan jauh dari rumah, tip pertama untuk beradaptasi dengan lebih nyaman saat kembali ke rumah adalah dengan membongkar koper sesegera mungkin setelah tiba di rumah; dengan cara ini, Anda menghindari terjebak dalam waktu luang dan membantu untuk memulai tahap baru di tahun 2021.

2. Jangan kembali bekerja tiba-tiba

Ide yang bagus adalah menulis berbagai daftar tugas untuk hari-hari pertama Anda kembali bekerja, yang akan membantu Anda mengejar ketinggalan secara efisien dan dengan kecepatan Anda sendiri.

3. Matahari tidak hanya ada di pantai

Salah satu alasan mengapa liburan merangsang semua indra kita adalah karena sebagian besar destinasi dinikmati di luar ruangan. Walaupun Anda tidak tinggal di dekat pantai, jangan lupa berjalan-jalan setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan Vitamin D. Hal ini benar-benar dapat meningkatkan mood Anda.

4. Buat rencana

Bersemangat untuk rencana masa depan menghasilkan ilusi positif. Tidak harus terlalu mewah; mulai dari mengadakan pertemuan virtual dengan teman hingga liburan akhir pekan singkat dari rumah mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan kita untuk bepergian sementara waktu. Membuat rencana akan membantu Anda melihat berbagai hal dari perspektif lain.

5. Jangan kehilangan kontak

Bulan Desember membuat kita dimanjakan waktu luang dan terbiasa dikelilingi oleh keluarga dan teman. Agar tidak merasa putus asa, penting untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang menemani kita dengan baik.

6. Lanjutkan kebiasaan baik

Setelah Anda berhenti dari olahraga dan diet di musim liburan, penting untuk segera kembali ke kebiasaan baik tersebut: tidur dan makan dengan baik, atau memulai rutinitas olahraga atau meditasi.

7. Ingat pengalaman Anda

Ingatlah kenangan tentang semua yang Anda jalani dan rayakan selama liburan melalui anekdot atau foto di jejaring sosial.

8. Ambil tantangan baru

Inilah waktunya untuk mempelajari hal-hal baru atau meningkatkan bakat terpendam yang mengubah rutinitas harian Anda menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menghibur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top