Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Langkah Sederhana Hilangkan Stres saat Liburan

Ketika stres menghampiri, maka penting untuk mendengarkan apa yang tubuh dan pikiran Anda katakan kepada Anda.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  13:51 WIB
Merawat diri sendiri selama liburan akan meningkatkan mood dan memudahkan Anda untuk menjaga orang lain. - Testube
Merawat diri sendiri selama liburan akan meningkatkan mood dan memudahkan Anda untuk menjaga orang lain. - Testube

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan dilakukan oleh seseorang untuk menghilangkan stres. Namun, tidak jarang individu merasa stres ketika sedang berlibur.

Dilansir dari Health Line, stres saat liburan bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak. Ada banyak ekspektasi seputar liburan. Banyak orang mengasosiasikan liburan dengan pertemuan sosial, ritual, dan kenangan indah. Harapan ini bisa memicu stres.

Ada banyak cara sederhana untuk mengatasi stres saat liburan, tetapi pertama-tama Anda perlu memahami pemicu stres Anda.

Apakah situasi tertentu menyebabkan Anda merasa stres? Saat Anda merasa stres, berhenti sejenak dan pikirkan apa penyebabnya.

Aktivitas yang Anda lakukan saat itu mungkin bukan penyebab stres Anda. Setelah Anda memahami apa yang memicu stres Anda, jalankan 6 cara sederhana ini untuk menghilangkan stres.

1. Rencanakan ke Depan

Menemukan waktu untuk semua aktivitas liburan Anda bisa jadi rumit. Selain komitmen liburan, Anda mungkin juga harus berurusan dengan tingginya lalu lintas, terutama di sekitar mal. Atau Anda mungkin merasakan tekanan ekstra untuk berangkat kerja agar Anda dapat mengambil cuti untuk bepergian.

Membuat rencana adalah tindakan yang dapat membantu menghilangkan stres. Tuliskan semua yang perlu Anda lakukan agar Anda dapat memprioritaskan hal-hal yang paling penting. Anda juga akan cenderung tidak melupakan sesuatu jika Anda memiliki daftar.

2. Tempatkan Diri Anda Pertama

Dengan fokus yang begitu besar selama liburan untuk memberi, mudah untuk melupakan memberi kembali kepada diri sendiri. Merawat diri sendiri akan meningkatkan mood dan memudahkan Anda untuk menjaga orang lain.

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Cari waktu untuk berolahraga, rencanakan makan malam, atau sekadar menghirup udara segar selama beberapa menit. Dan jangan lupa pentingnya tidur nyenyak secara teratur.

3. Jaga Keuangan Anda Tetap Terkendali

Jika Anda khawatir tentang pengeluaran Anda dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda setelah liburan berakhir, maka bersikaplah realistis tentang apa yang mampu Anda belanjakan. Sentimen di balik hadiah lebih penting daripada biayanya.

Buat anggaran dan pertahankan. Belanja sesuai dengan kemampuan Anda, dan  buatlah makanan dan tawarkan bakat dan waktu Anda kepada teman dan orang tercinta jika tidak memiliki kemampuan untuk belanja.

4. Hormatilah Orang-Orang Terkasih

Mungkin sulit merayakan musim liburan jika Anda kehilangan seseorang yang Anda sayangi atau jarak membuat Anda sulit menghabiskan waktu bersama.

Habiskan musim liburan ini dengan merenungkan kenangan khusus dan bagaimana Anda akan menghormati orang yang telah tiada dengan melakukan sesuatu yang berarti untuk menghormati mereka.

Jika Anda tidak dapat menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai, maka berikan waktu Anda secara sukarela ke organisasi lokal di mana senyum Anda dapat mengubah hari seseorang. Senyuman mereka pasti bisa menghangatkan hati Anda.

5. Manjakan diri dalam Moderasi

Manjakan diri Anda dengan makanan yang mungkin hanya Anda makan setahun sekali, tapi jangan lupakan juga pentingnya makan yang sehat.

Segelas eggnog atau 5 kue gula untuk sarapan tidak akan sepenuhnya menggagalkan rencana makan Anda. Tapi itu bukan cara makan yang realistis setiap hari selama liburan. Tidak hanya akan membuat Anda merasa sakit, tetapi juga berat badan akan dengan cepat membumbung tinggi. Segala sesuatu yang tidak berlebihan adalah kunci sepanjang tahun ini.

6. Jangan Takut Mengatakan Tidak

Tidak apa-apa untuk mengatakan "tidak", dan semakin banyak Anda mengatakannya, akan semakin mudah. Katakan "ya" untuk acara dan hal-hal yang Anda tahu akan membuat Anda bahagia.

Katakan "tidak" pada kewajiban yang Anda tahu akan membuat Anda sakit hati dan kecewa. Jika bekerja lembur beberapa jam akan membuat Anda bahagia sehingga Anda dapat mentraktir ibu Anda menonton televisi baru pertamanya dalam dua puluh tahun, maka lakukanlah. Tetapi jika tetangga Anda yang tidak terlalu Anda sukai mengundang Anda ke pesta liburan, maka tolaklah. Anda akan senang telah melakukannya.

Jika Anda sudah mencoba tips di atas dan suasana hati Anda belum membaik, maka bicarakan dengan dokter Anda. Hanya berbagi perasaan dengan dokter Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik. Jika tidak, maka dokter Anda dapat mendiskusikan resep obat atau rencana perawatan lain yang mungkin dapat membantu.

Ketika stres menghampiri, maka penting untuk mendengarkan apa yang tubuh dan pikiran Anda katakan kepada Anda. Jika situasinya terlalu membuat stres, maka tanyakan pada diri Anda mengapa itu membuat stres dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres dengan lebih baik. Ini tidak hanya akan membantu Anda mengatasi stres saat liburan, tetapi juga membantu Anda mengelola stres dengan lebih baik sepanjang tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan stres tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top